Universitas Islam Bandung Repository

Marketing Public Relations Strategy in Promoting Indonesian Culture

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Fawwaz, Ridhan
dc.creator Trigartanti, Wulan
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:25Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:25Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7264
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23031
dc.description Indonesia, represented by KBRI Sofia has one of its duties to carry out promotions in accreditation countries both in the field of economic, social and cultural politics. In promoting Indonesian Culture, the Embassy in Sofia uses a marketing strategy. Marketing strategy is a Strategy Marketing Strategy Public Relations is a process of planning, implementation and evaluation of programs that can stimulate purchasing, and customer satisfaction. Public Relations Marketing Strategy is done by the Embassy in Sofia in promoting Indonesian Culture. Therefore, this study discusses about how Marketing Strategy Public Relations conducted by the Embassy of the Republic of Indonesia Sofia in Bulgaria in promoting Indonesian Culture. KBRI Sofia This study aims to find out what events are conducted by KBRI Sofia in promoting Indonesian Culture, how to communicate through media conducted by KBRI Sofia in promoting Indonesian Culture, and how the natural obstacle by KBRI Sofia in promoting Indonesian Culture. The research method used is Qualitative Research Methods because it can write facts actual and accurate srta can produce findings that can not be obtained by statistical or measurement. Data collection is done by observation, in-depth interview, literature study and internet searching. The results of this study mengunggkapkan that the Embassy (Embassy of the Republic of Indonesia) has done Strategic Marketing Public Relations in promoting the Culture of Indonesia by way of Event, Komunkasi Through Media and Establish Relations. After conducting Public Relations Marketing Strategy in promoting Indonesian Culture, there are obstacles experienced by KBRI Sofia in promoting Indonesian Culture namely language differences, lack of available human resources, and inadequate budget in the implementation of the Cultural Promotion Activities of Indonesia.
dc.description Indonesia yang diwakili oleh KBRI Sofia memiliki salahsatu tugasnya untuk melaksanakan promosi di negara akreditasi baik dalam bidang politik ekonomi, social dan budaya. Dalam mempromosikan Budaya Indonesia, KBRI Sofia menggunakan sebuah strategi kegiatan marketing. Strategi kegiatan marketing tersebut adalah Strategi Marketing Public Relations yang merupakan sebuah proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang dapat merangsang pembelian, dan kepuasan konsumen. Strategi Marketing Public Relations tersebut dilakukan oleh KBRI Sofia dalam mempromosikan Budaya Indonesia. Maka dari itu Penelitian ini membahas tentang bagaimanan Strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Sofia di Bulgaria dalam mempromosikan Budaya Indonesia. KBRI Sofia  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui event-event apa saja yang dilakukan oleh KBRI Sofia dalam mempromosikan Budaya Indonesia, bagaimana komunikasi lewat media yang dilakukan oleh KBRI Sofia dalam mempromosikan Budaya Indonesia, dan bagaimana hambatan yang alami oleh KBRI Sofia dalam mempromosikan Budaya Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian  Kualitatif karena dapat menuliskan fakta secara actual dan cermat srta dapat menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan cara statistic atau pengukuran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, studi kepustakaan dan internet searching. Hasil dari penelitian ini mengunggkapkan bahwa KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) sudah melakukan Strategi Marketing Public Relations dalam mempromosikan Budaya Indonesia dengan cara melakukan Event, Komunkasi Lewat Media dan Menjalin Relasi. Setelah melakukan Strategi Marketing Public Relation dalam mempromosikan Budaya Indonesia, munculah Hambatan yang dialami oleh KBRI Sofia dalam mempromosikan Budaya Indonesia yaitu perbedaan bahasa, kurangnya SDM yang tersedia, dan Anggaran yang kurang memadai dalam pelaksanaan Kegiatan Promosi Budaya Indonesia tersebut. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7264/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 499-506
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 499-506
dc.source 2460-6510
dc.subject
dc.subject
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Marketing Public Relations, promosi, Budaya Indonesia
dc.title Marketing Public Relations Strategy in Promoting Indonesian Culture
dc.title Strategi Marketing Public Relations dalam Mempromosikan Budaya Indonesia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account