Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi Word Of Mouth Sebagai Promosi dari Kineruku

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Firdaus, Muhammad Reza
dc.creator Wiwitan, Tresna
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16926
dc.description Abstract. Kineruku is a library, bookstore and café located in Hegarmanah Street No. 52 Bandung. This place provides references about books, music, films, and also they served food and drinks that have become the hallmark of Kineruku itself such as cucumber ice drinks and Ruku green rice food. Kineruku only used word of mouth as their promotional activity for 16 years, and they never paid for marketing. By utilizing existing media such as now and various kind of media platforms, Kineruku use Instagram, Twitter, and Website as a promotional media and their information dissemination media. The research method which is do by researchers is qualitative research with a case study approach so that research problems can be described in depth. And also in order to understand the uniqueness of the object under study and explore the main phenomena in the object under study and gain deep understanding and find something unique. The technique of collecting data uses in-depth interviews with 5 informants, namely with owner and content management staff Kineruku, and also with loyal consumers Kineruku, non-participant observation, literature studies and documentation. The results of this research indicate that word of mouth promotion carried out by Kineruku is a strategy to create positive word of mouth, by providing experience that exceeds customer expectations in order to encourage consumers to discuss or recommend Kineruku, they improve service and utilize the interior and exterior of the Kineruku library, providing information that can be shared or forwarded about what products are available for borrowing or selling to consumers. Content aesthetics that do not eliminate the value of intimacy that attracts consumers, works with social networks, and doing regrams activities that use consumers who have visited and write reviews as talkers. To maintain customer loyalty, Kineruku maximize the quality service and products to make consumers comfortable to read some books in there, find references, and fulfill consumers needs, so they can reach benefits between Kineruku and consumers.Keywords:      Kineruku, Word Of Mouth Strategy, PromotionAbstrak. Kineruku adalah perpustakaan, toko buku, dan café yang terletak di Jl. Hegarmanah No. 52 Bandung. Tempat ini menyediakan referensi seputar buku, musik, film, dan juga makanan dan minuman yang sudah menjadi ciri khas dari Kineruku sendiri seperti minuman es timun dan makanan nasi hijau ruku. Kineruku hanya menggunakan word of mouth sebagai kegiatan promosi mereka selama 16 tahun, dan mereka tidak pernah mengeluarkan biaya untuk melakukan pemasaran. Dengan memanfaatkan media yang ada seperti sekarang dan berbagai macam platform media, Kineruku menggunakan Instagram, Twitter, dan website sebagai media promosi dan media penyebaran informasi mereka. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus sehingga masalah penelitian dapat digambarkan secara mendalam. Dan juga agar dapat memahami keunikan dari objek yang diteliti serta mengeksplorasi fenomena utama pada objek yang diteliti dan memperoleh pemahaman yang mendalam serta menemukan sesuatu yang unik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada 5 informan, yaitu dengan owner dan staff manajemen konten Kineruku serta para konsumen loyal Kineruku, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi word of mouth yang dilakukan oleh Kineruku adalah melakukan strategi menciptakan word of mouth yang positif, dengan memberikan pengalaman yang melebihi harapan pelanggan agar mendorong konsumen untuk membicarakan atau merekomendasikan Kineruku, mereka meningkatkan pelayanan dan memanfaatkan interior dan eksterior perpustakaan Kineruku, memberikan informasi yang dapat dibagi atau diteruskan mengenai produk apa saja yang tersedia untuk dipinjam maupun dijual bagi para konsumen. Estetika konten yang tidak menghilangkan nilai keintiman yang menjadi daya tarik bagi para konsumen, bekerja sama dengan jaringan sosial, dan melakukan praktek regram yang memanfaatkan konsumen sebagai talker yang sudah berkunjung dan menulis ulasan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Kineruku memaksimalkan kualitas pelayanan dan produk sehingga mencapai keuntungan antara pihak Kineruku dengan para konsumen.Kata Kunci :    Kineruku, Strategi word of mouth, Promosi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16926/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 430-439
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 430-439
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Kineruku, Strategi Word Of Mouth, Promosi
dc.title Strategi Komunikasi Word Of Mouth Sebagai Promosi dari Kineruku
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account