Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi dalam Melakukan Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Iqbal, Adi Muhammad
dc.creator Mulyana, Dadan
dc.date 2018-01-24
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:26Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:26Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/9143
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23041
dc.description Abstract. Along with the times, many foreign cultures enter to the country of Indonesia and one of them is a foreign language. Currently the use of foreign languages is even seen in some areas of the public space which should use Indonesian language. In 2015, there were nearly 70 percent of the public space in West Java still use a foreign language. Based on the problem, Balai Bahasa Jawa Barat will conduct socialization of State Language Dignity in the public space. The purpose of this research is to find out how communication strategy of Balai Bahasa Jawa Barat in conducting socialization of State Language Dignity in public space. The communication strategy will be assessed based on four important points, there are selection of communication techniques, knowing the communication target, overcoming communication barriers and use of participative socialization. This research uses qualitative method with case study approach. The techniques of data collection used are interview, document review and literature study. While the techniques of data analysis  used are data reduction, data presentation, and draw conclusions. The results obtained in this research is a communication technique which selected by Balai Bahasa Jawa Barat is informative communication and persuasive. The communication target of Balai Bahasa Jawa Barat is the local government and the owner of public space, Balai Bahasa Jawa Barat observes two factors to recognize the communication target, there are factor of framework reference and factors of situation and condition. The barriers which experienced by Balai Bahasa during the conduct of socialization there are no legal sanctions, Indonesian language is considered not important, and worried about being unsold. Balai Bahasa Jawa Barat asks for help to local government and holds a State Language Dignity competition as a way to overcome these three barriers. Balai Bahasa Jawa Barat implements participative socialization by holding a State Language Dignity competition. This competition will provide stimulation of the owners of public spaces so they are willing to give priority to the Indonesian language.Keywords: Communication Strategy, Socialization, Public SpaceAbstrak. Seiring perkembangan zaman, banyak budaya asing masuk ke negara Indonesia dan salah satunya adalah bahasa asing. Saat ini penggunaan bahasa asing bahkan terlihat di beberapa kawasan ruang publik, yang seharusnya menggunakan bahasa Indonesia. Pada tahun 2015, tercatat hampir 70 persen ruang publik di Jawa Barat masih menggunakan bahasa asing. Berdasarkan masalah tersebut, Balai Bahasa Jawa Barat akan melakukan sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di ruang publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana strategi komunikasi Balai Bahasa Jawa Barat dalam melakukan sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di ruang publik. Strategi komunikasi ini akan dikaji berdasarkan empat poin penting, yaitu pemilihan teknik komunikasi, mengenal sasaran komunikasi, mengatasi hambatan komunikasi, dan penggunaan sosialisasi partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, telaah dokumen dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi yang dipilih oleh Balai Bahasa Jawa Barat adalah komunikasi informatif dan persuasif. Sasaran komunikasi Balai Bahasa Jawa Barat adalah pemerintah setempat dan pemilik ruang publik, Balai Bahasa memperhatikan dua faktor untuk mengenali sasaran komunikasi, yaitu faktor kerangka referensi dan faktor situasi dan kondisi. Hambatan yang dialami oleh Balai Bahasa selama pelaksanaan sosialisasi ada tiga, yaitu tidak adanya sanksi hukum, bahasa Indonesia dianggap tidak penting, dan khawatir menjadi tidak laku. Balai Bahasa meminta bantuan pemerintah setempat dan mengadakan kegiatan Lomba Pemartabatan Bahasa Negara sebagai cara untuk mengatasi ketiga hambatan tersebut. Balai Bahasa menerapkan sosialisasi partisipatif dengan cara mengadakan lomba Pemartabatan Bahasa Negara. Lomba ini akan memberikan rangsangan para pemilik ruang publik sehingga bersedia untuk lebih mengutamakan bahasa Indonesia.Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Ruang Publik
dc.description Seiring perkembangan zaman, banyak budaya asing masuk ke negara Indonesia dan salah satunya adalah bahasa asing. Saat ini penggunaan bahasa asing bahkan terlihat di beberapa kawasan ruang publik, yang seharusnya menggunakan bahasa Indonesia. Pada tahun 2015, tercatat hampir 70 persen ruang publik di Jawa Barat masih menggunakan bahasa asing. Berdasarkan masalah tersebut, Balai Bahasa Jawa Barat akan melakukan sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di ruang publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana strategi komunikasi Balai Bahasa Jawa Barat dalam melakukan sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di ruang publik. Strategi komunikasi ini akan dikaji berdasarkan empat poin penting, yaitu pemilihan teknik komunikasi, mengenal sasaran komunikasi, mengatasi hambatan komunikasi, dan penggunaan sosialisasi partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, telaah dokumen dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi yang dipilih oleh Balai Bahasa Jawa Barat adalah komunikasi informatif dan persuasif. Sasaran komunikasi Balai Bahasa Jawa Barat adalah pemerintah setempat dan pemilik ruang publik, Balai Bahasa memperhatikan dua faktor untuk mengenali sasaran komunikasi, yaitu faktor kerangka referensi dan faktor situasi dan kondisi. Hambatan yang dialami oleh Balai Bahasa selama pelaksanaan sosialisasi ada tiga, yaitu tidak adanya sanksi hukum, bahasa Indonesia dianggap tidak penting, dan khawatir menjadi tidak laku. Balai Bahasa meminta bantuan pemerintah setempat dan mengadakan Kegiatan Lomba Pemartabatan Bahasa Negara sebagai cara untuk mengatasi ketiga hambatan tersebut. Balai Bahasa menerapkan sosialisasi partisipatif dengan cara mengadakan lomba Pemartabatan Bahasa Negara. Lomba ini akan memberikan rangsangan para pemilik ruang publik sehingga bersedia untuk lebih mengutamakan bahasa Indonesia.               Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Ruang Publik
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/9143/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/downloadSuppFile/9143/1595
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2018); 41-47
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2018); 41-47
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Ruang Publik
dc.subject
dc.subject
dc.title Strategi Komunikasi dalam Melakukan Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik
dc.title Strategi Komunikasi dalam Melakukan Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account