Universitas Islam Bandung Repository

Aktivitas Public Relations Rumah Sakit dalam Kampanye Motto

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Fauzi, Mohamad Iqbal
dc.creator Yuningsih, Ani
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:36Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:36Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6927
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23090
dc.description Keberadaan rumah sakit di tengah masyarakat yang semakin tinggi kesadarannya akan kesehatan merupakan hal mendasar. Masyarakat akan memilih rumah sakit yang terpercaya, sehingga peran humas/public relations sangat dibutuhkan. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung merupakan rumah sakit yang telah berdiri sejak lama dan eksistensinya dipengaruhi aktivitas public relations, seperti kampanye dan sosialisasi. Maka pengoptimalan kinerja rumah sakit akan berpengaruh terhadap pembentukan reputasi yang sejalan dengan Motto RSUP Hasan Sadikin yaitu “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami”. Untuk bisa mengenalkan motto agar publik mengetahui landasan motivasi pada pelayanan kesehatan, maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana Aktivitas Public Relations Rumah Sakit dalam Kampanye Motto. Sehingga publik dan masyarakat mengetahui keunggulan pelayanan yang berlandaskan motto tersebut dengan mengkampanyekan dan mensosialisasikannya melalui berbagai aktivitas public relations. Berdasarkan hal  tersebut, maka pertanyaan dalam penelitian ini dinyatakan sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah strategis kampanye motto “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami” yang dilakukan Public relations RSUP Hasan Sadikin melalui media sosial? (2) Bagaimana langkah-langkah menginternalisasikan motto “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami” dalam pelayanan RSUP Hasan Sadikin? (3) Mengapa RSUP Hasan Sadikin mengusung motto “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami”?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menekankan pada persoalan kedalaman data. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) RSUP Hasan Sadikin mengkampanyekan mottonya pada pihak eksternal dengan menggunakan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter). (2) Sedangkan pada pihak internal pada proses internalisasi dilakukan melalui penguatan budaya kerja, evaluasi kerja dan upacara peringatan hari penting. (3) Pengusungan motto tersebut merupakan kesepakatan direktur utama dan seluruh pimpinan elemen RSUP Hasan Sadikin yang berorientasi pada pelayanan yang sesuai dengan motto.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6927/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 283-289
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 283-289
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Motto, Public Relations, Kampanye, RSUP Hasan Sadikin
dc.title Aktivitas Public Relations Rumah Sakit dalam Kampanye Motto
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account