Universitas Islam Bandung Repository

Citra Wanita China pada Iklan Lipstik ZARA

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Wibisono, Sari Febryanti
dc.creator Palapah, Maya Amalia Oesman
dc.date 2019-08-06
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16877
dc.description Abstract. Advertising basically aims to promote an item or service. Every company competes to be able to attract the consumers’ attention to buy / use the products / services they advertise. ZARA as the world's leading fashion company has just released its new cosmetic product in the form of lipstick. However, the advertisement published by ZARA on Weibo received many negative comments from Chinese citizens, because the Chinese female model in the ad had freckles. This study aims to to find out and analyze the meanings of representament (sign), object, and interpretant) in ZARA lipstick advertisements; as well as to review and analyze the image of Chinese women on ZARA lipstick advertisements. The research method applied in this study is qualitative using a semiotic approach. Semiotic analysis in this study refers to the theory of Charles Sanders Pierce. Data collection methods used in this study were observation, interviews, documentation, and library studies. The data obtained will then be analyzed using source triangulation. The results of this study indicate that the image of Chinese women is illustrated by how the make up is used by the model. That makes the image of Chinese women in ZARA lipstick advertisements considered bad by Chinese society itself. The image is formed because of the views of Chinese people who consider that freckles is a physical imperfection owned by someone.Keywords: Semiotics, Advertisement, Image, ZARAAbstrak. Iklan pada dasarnya bertujuan untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menarik perhatian konsumen agar dapat membeli/menggunakan produk/jasa yang mereka iklan kan. ZARA sebagai perusahaan busana ternama di dunia baru saja mengeluarkan produk kosmetik barunya berupa lipstik. Namun iklan yang ZARA publikasikan di Weibo mendapat banyak komentar negatif dari warga China karena model wanita China yang ada di dalam iklan tersebut memiliki freckles. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis makna tanda (representament (sign), object, dan interpretant) yang terdapat dalam iklan lipstik ZARA. Untuk mengkaji dan menganalisis citra wanita China pada iklan lipstik ZARA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiotika. Analisis semiotika dalam penelitian ini menggunakan teori Charles Sanders Pierce. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian akan di analisis menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra wanita China digambarkan oleh bagaimana make up yang digunakan oleh model. Hal itu menjadikan citra wanita China dalam iklan lipstik ZARA dipandang buruk oleh masyarakat China itu sendiri. Citra tersebut dikarenakan pandangan masyarakat China yang menganggap bahwa freckles merupakan sebuah ketidaksempurnaan fisik yang dimiliki oleh seseorang.Kata kunci: Semiotika, Iklan, Citra, ZARA
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16877/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 360-367
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 360-367
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Semiotika, Iklan, Citra, ZARA
dc.title Citra Wanita China pada Iklan Lipstik ZARA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account