Universitas Islam Bandung Repository

Makna Logo Lampion dalam Kemasan Mochi Kota Sukabumi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Samudra, Ringky
dc.creator Ratmanto, Teguh
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16900
dc.description Abstract. Logos are used for established an identity in a company and also to convey a messages that the company wants to convey. The lantern logo used by a souvenirs product of Sukabumi City, it contained a message, background, values, beliefs, knowledge, and the producer’s point of view. This research was expected to provide a knowledge and insight into a logo by using Charles Sanders Pierce’s semiotics. There were three purposes of knowing the logo : firstly, to find out the meaning of the lantern logo icon. Secondly, to find out the meaning of the lantern logo index and also to find out the meaning of the symbol on the lantern logo. This study used a qualitative approach and semiotic analysis. Semiotics is a science or method of analysis to examine a sign. Data collection techniques used by analyzing logos, intereviews, documentation and literature. There were three ways to analyze data, reduce data, display data, and draw the conclusions. Based on the data analysis, it concluded that as the Mochi Kaswari logo was the lantern, it meant that it would as light as a lantern lamps. The logo was dominated by two different colors which were red and silver/white. The colors were intended as the gols to be achieved by the company. Indirectly, the logo established an image for the Mochi Kaswari Company. The logo had a cultural connection with a Chinese culture, but for the meanings, not all meanings were the same as Chinese culture.Keyword: Logo, Lantern, Charles Sanders PierceAbstrak. Logo berguna untuk membangun identitas dalam suatu perusahaan dan juga dapat menyampaikan suatu pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Logo lampion yang digunakan oleh suatu produk oleh-oleh khas Kota Sukabumi, didalamnya terkandung suatu pesan, latar belakang, nilai-nilai, keyakinan, pengetahuan, dan pandangan hidup dari produsen tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai suatu logo dengan menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Ada tiga bagian tujuan dalam mengetahui logo tersebut, untuk mengetahui makna ikon logo lampion, makna indeks logo lampion, dan makna simbol pada logo lampion. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan juga jenis dari penelitian ini menggunakan analisis semiotika. Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji suatu tanda. teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara menganalisis logo, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Terdapat tiga cara dalam melakukan analisis data, reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, logo Mochi Kaswari berbentuk lampu lampion yang memiliki kesamaan sebagai penerang. Logo tersebut di dominasi oleh dua warna yang berbeda yaitu warna merah dan warna silver atau putih, warna-warna tersebut dimaksudkan sebagai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Secara tidak langsung logo tersebut membentuk suatu citra bagi perusahaan Mochi Kaswari. Logo tersebut memiliki keterkaitan budaya dengan budaya Cina atau Tionghoa, tetapi maknanya tidak semua sama dengan budaya tersebut.Kata Kunci: Logo, Lampion, Charles Sanders Pierce.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/16900/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 402-412
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 402-412
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Logo, Lampion, Charles Sanders Pierce
dc.title Makna Logo Lampion dalam Kemasan Mochi Kota Sukabumi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account