Description:
Abstract. Technological development in digital era as now, digital company’s PT. Telkom try to make program to give positive benefits to community. Telkom will to make program to aim for build digital community. This program is “Al-Qur’an Digital”. In implementation, certainly Public Relations strategic. This Research corresponding with Image Theory, with type Corporate Image. Corporate Image is image from organizatation on whole, and not product and services image. This research aims to discover and analyze: (1). strategic stages of public relations to build corporate image with al-qur’an digital program, (2). to know socialization type of Public Relations to build corporate image with al-qur’an digital program, (3). and to know reason PT Telkom implement al-qur’an digital program. The method which used in this research is qualitative method with case study approached through in-depth interview, observation, literature, and documents that relevant with this study. This research had been done to public relations practitioners Telkom Regional III. The subjects of study consist of seven informants, such as key informants and informant supporters. Based on the result of research showed the strategy of Public Relations in Al-Qur’an Digital Program is (1). publish al-qur’an digital program in form media, and online media, such as radio, paper, magazine (2). communication and socialization healthy internet to public in mosque area, (3). joint stakeholder relations with internal and eksternal stakeholder, (4). joint media relations to publish al-qur’an digital program.Keywords: Public Relations Strategic, Corporate Image, Strategic Stages, Type Socialization.Abstrak. Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang, perusahaan BUMN yang berbasis digital yakni PT. Telkom mencoba untuk membuat program yang akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Telkom membuat program yang bertujuan untuk membangun masyarakat digital, program yang dilaksanakannya adalah program “Al-Qur’an Digital”. Dalam terlaksananya program ini, terdapat strategi dari seorang praktisi Public Relations dalam membangun sebuah Corporate Image yang positif di mata publiknya. Penelitian ini sesuai dengan Image Theory, dengan jenis citra Corporate Image. Citra perusahaan adalah citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, bukan sekedar citra atas produk atau pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis (1). tahapan strategi yang dilakukan oleh Public Relations PT. Telkom dalam membangun corporate image melalui program al-qur’an digital, (2). mengetahui bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh public relations PT. Telkom dalam membangun corporate image melalui program al-qur’an digital, dan (3). mengetahui alasan PT. Telkom membuat program al-qur’an digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan kepada praktisi Public Relations PT. Telkom Cabang Regional III. Subjek penelitian terdiri dari tujuh Informan, yang terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan strategi Public Relations dalam program al-qur’an digital, diantaranya: (1). mempublikasikan al-qur’an digital melalui seluruh media cetak, media online, seperti radio, koran, majalah (2). mengkomunikasikan dan mensosialisasikan internet sehat kepada masyarakat di lingkungan masjid, (3). menjalin hubungan dengan seluruh stakeholder internal dan eksternal, (4). menjalin media relations dalam publikasi program Al-Qur’an Digital.Kata Kunci : Strategi Public Relations, Corporate Image, Tahapan Strategi, Bentuk Sosialisasi.