Description:
Abstract: The role of Tourism Youth and Sports department is needed, not only the tourism department but the Merangin regional community participate in the promotion, maintenance and management of Merangin Geopark. The increasing number of tourists visit Merangin Geopark is determined through the activities undertaken by the Department of Tourism Youth and Sports. Promotion as an attempt to enlarge the attraction of the tourist attraction and inform the existing tourist attraction. The purpose of this study wanted to know how the role of Department of Tourism Youth and Sports Merangin Jambi Province in promoting the Festival Geopark. This type of research uses a qualitative approach. Informant The principal researcher is Head of Marketing and supporting informant Section Head of Tourism Promotion and Technical Implementation Officer at Department of Tourism Youth and Sports. This research uses data collection technique by interview, observation, literature study, documentation. The results of this study indicate that the youth and sports tourism office is good enough to promote the Geopark festival by advertising, not only with newspapers or magazines, brochures, pamphlets, banners, leaflets and stickers but also with online and electronics media such as radio, television, and social media. Youth and sports tourism office establish cooperation and involve other parties in order to succeed the event.Keywords: Promotion, Geopark, Tourism Office of Youth and SportsAbstrak: Peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga sangat di perlukan, tidak hanya Dinas Pariwisata saja tetapi masyarakat daerah Kabupaten Merangin ikut berperan penting dalam melakukan promosi, menjaga dan mengelola objek wisata Geopark Merangin. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan objek wisata Geopark Merangin ditentukan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Promosi dilakukan sebagai usaha untuk memperbesar daya tarik objek wisata serta menginformasikan atau memberitahukan objek-objek dan atraksi wisata yang ada. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Provinsi Jambi dalam mempromosikan Festival Geopark. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informant Peneliti utama adalah Kepala Bidang Pemasaran dan Informant pendukung Kepala Seksi Promosi Pariwisata dan Pejabat Pelaksana Teknis di Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinas pariwisata pemuda dan Olahraga masih kurang baik dalam mempromosikan festival Geopark dengan melalui periklanan, tidak hanya dengan media cetak koran atau majalah, brosur, pamphlet, banner, leaflet, dan stiker namun juga dengan media online dan elektronik seperti radio, televisi, dan media sosial. Dinas pariwisata pemuda dan olahraga membangun kerja sama dan melibatkan pihak lain dalam rangka menyukseskan acara yang diselenggarakan.Kata kunci: Promosi, Geopark, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga