Universitas Islam Bandung Repository

Manajemen Public Relations di Perusahaan Outsourcing

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Kresmawati, Nesti
dc.creator Wiwitan, Tresna
dc.date 2019-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/18567
dc.description Abstract. PT. Sentral Wahana Artha is a company engaged in services. The role of a PR in managing the Public Relations Management process in the company PT Sentral Wahana Artha greatly influences the company running, and the company manages well the relationships created between the internal public and the external public with a managerial approach. The purpose of this phenomenon is to find out the Public Relations Management Activities in the company PT. Central Wahana Artha. The method used in this study is a qualitative method with a case study approach. The data obtained is obtained through interviews, observation, documentation, and literature. The results of this study can be concluded that 1) PR management is a quality management system in which the first PR management process is carried out, analyzing the market, planning programs, implementing 4P, building relationships, monitoring and controlling 4P, evaluating and following up, 2) In addition, the basic concept of PDCA (planning, do, check, and act) is carried out in the activity of making service products. 3) As well as the reasons for the company's importance to partners because it uses a quality management system, has ISO, and income from partners. Abstrak. PT. Sentral Wahana Artha merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Peran seorang PR dalam mengelola proses Manajemen Public Relations di perusahaan PT Sentral Wahana Artha sangat mempengaruhi perusahaan tersebut berjalan, serta perusahaan tersebut mengelola dengan baik hubungan yang tercipta antara publik internal dengan publik eksternal dengan pendekatan manajerial. Tujuan dari fenomena ini adalah untuk mengetahui Aktivitas Manajemen Public Relations di perusahaan PT. Sentral Wahana Artha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) manajemen PR yang dilakukan merupakan sistem manajemen mutu yang mana proses manajemen PR yang pertama dilakukan yaitu, menganalisis market, merencanakan program, melaksanakan 4P,  membangun relasi, mengawasi dan mengontrol 4P, melakukan evaluasi, serta tindak lanjut, 2) Selain itu, konsep dasar PDCA (planning, do, check, dan act) dilakukan dalam kegiatan program pembuatan produk jasa, 3)  Serta alasan perusahaan mementingkan mitra kerja karena menggunakan sistem manajemen mutu, memiliki ISO, serta income dari mitra.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/18567/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 722-730
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 722-730
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Manajemen PR, outsourcing, manajemen mutu, Public Relations
dc.title Manajemen Public Relations di Perusahaan Outsourcing
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account