Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Komunikasi Instruksional Pembimbing dengan Motivasi Kerja Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Williana, Yolla Puspita Eka Putri
dc.creator Nurrahmawati, Nurrahmawati
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:47Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:47Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7134
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23163
dc.description Kegiatan PKL merupakan proses pelatihan keterampilan untuk merasakan langsung bekerja pada suatu instansi yang sesuai dengan bidangnya. Kegiatan PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung menuntut peserta untuk aktif, mampu mengerjakan berbagai macam tugas, dan mengikuti aturan yang berlaku. Peserta PKL membutuhkan adanya dorongan dari pembimbing agar dapat menjalankan kegiatan PKL sebagaimana mestinya. Peserta PKL sebenarnya sudah mendapatkan dorongan dari pembimbing seperti, pendampingan, pengawasan, pengarahan dan pengajaran dengan bahasa yang mudah dipahami, tetapi masih terdapat peserta PKL yang memiliki motivasi kerja rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kredibilitas, keterampilan berkomunikasi, dan metode pembelajaran pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dimana subjek penelitiannya adalah peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung periode Januari-April 2017 yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori konstelasi dan teori motivasi-higyene. Data yang diperoleh berupa data ordinal melalui uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kredibilitas pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung. (2) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara keterampilan berkomunikasi pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung. (3) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara metode pembelajaran pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/7134/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 451-458
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 451-458
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Komunikasi Instruksional, Motivasi Kerja, Praktek Kerja Lapangan.
dc.title Hubungan Antara Komunikasi Instruksional Pembimbing dengan Motivasi Kerja Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account