Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Tayangan Youtube “Nussa Official” terhadap Sikap Religi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Wirasanti, Putri
dc.creator Setiawan, Erik
dc.date 2019-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/18857
dc.description Abstract. Youtube is everyone’s favourite form of new media and become the number one social media used in Indonesia. Youtube users is consist from the younger age to the elderly. Various content available at this media so users can determine which content that they want. Knows that kids programs that related to religious content are very minim and several Youtube content or programs are apprehensive and can be damaging to the morale of the audience, then a few youth creator came up with an kids animation that has Islamic values, “Nussa Official” program. Nussa is a clever boy who loves to read Qur’an so he will teach his friends to know more about Islamic values. The purpose of this program is to give an education and became a valuable entertainment and also to educate kids. This study aims to know about the relationship of “Nussa Official” program with the elementary school students’ religious behaviour. This research used a quantitative method by using corellational approach. Data collecting technique that is used by researcher were questionnaire and literature review. Sampling technique used is Probability Sampling. The result of this research, there is strong relationship between watching Youtube show “Nussa Official” and religious attitude of elementary school childern in Bandung. Among the viariables that have been calculated, there is one aspect is low. However, the another aspects have a strong relationship and strong enough relations.  Abstrak. Youtube merupakan media baru yang banyak diminati masyarakat dan menjadi media sosial nomer satu yang digunakan oleh orang Indonesia. Pengguna YouTube terdiri dari beberapa kalangan mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Berbagai konten ada di dalam media tersebut hingga pengguna dapat menentukan konten seperti apa yang diinginkan. Merasa konten tayangan anak-anak sangat minim khususnya terkait bidang keagamaan dan juga beberapa konten Youtube yang dirasa memprihatinkan dan merusak moral penontonnya, maka munculah kreator dari pemuda-pemuda yang sedang berhijrah menciptakan sebuah animasi bertemakan nilai-nilai keislaman anak dengan nama tayangan “Nussa Official”. Nussa merupakan seorang kecil yang pandai dan gemar mengaji sehingga akan mengajarkan teman-temannya mengenai nilai-nilai keislaman. Tujuan dari tayangan ini yaitu untuk memberikan edukasi dan juga menjadi hiburan yang berkualitas juga mendidik pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tayangan “Nussa Official” dengan sikap religi anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan menggunakan grand theory Stimulus – Organism - Respons. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan studi pustaka. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel Probabilitas Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang kuat dalam menonton tayangan Youtube “Nussa Official” terhadap sikap religi anak sekolah dasar negeri kota Bandung. Diantara variabel yang telah dihitung terdapat aspek registrasi yang tidak memiliki keterhubungan dengan sikap religi anak sehingga kategori hubungannya pun rendah, selebihnya aspek-aspek lain memiliki hubungan yang kuat dan cukup kuat. 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/18857/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 756-763
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 5, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2019); 756-763
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Program, Religious, New Media, Social Media, Youtube
dc.title Hubungan Tayangan Youtube “Nussa Official” terhadap Sikap Religi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account