Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Persepsi Dukungan Wali Kelas Dengan Self Efficacy Siswa (Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas XI Multimedia I SMKTI-Garuda Nusantara Kota Cimahi)

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Alti Sella
dc.date.accessioned 2015-08-07T03:43:04Z
dc.date.available 2015-08-07T03:43:04Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/231
dc.description.abstract Alti Sella Pratiwi.10050011156. Hubungan Antara Persepsi Dukungan Wali Kelas Dengan Self Efficacy Siswa (Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI Multimedia I SMK TI- Garuda Nusantara Kota Cimahi). SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi adalah sekolah yang memiliki tujuan menghasilkan siswa-siswa yang bermutu dan berwawasan internasional sejalan dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut sekolah menerapkan metode presentasi khususnya pada mata pelajaran matematika. Dalam pelajaran matematika, siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Disamping hal tersebut siswa juga merasa cemas ketika mengikuti pembelajaran matematika di kelas. Oleh sebab itu, siswa tidak dapat menjalankannya sendiri, siswa tersebut membutuhkan dorongan, perhatian, penghargaan dan pemberian nasehat serta saran dari Significant Others. Dalam menghadapi permasalahannya tersebut, siswa sebenarnya sudah mendapatkan dukungan dari wali kelas sebagai significant other yang ada di sekolah yang dapat berupa perhatian, penghargaan, pemberian saran nasehat, namun masih terdapat siswa yang merasa ragu akan kemampuannya, merasa takut salah akan tugas yang dikerjakannya, siswa juga cepat puas atas nilai yang diraihnya padahal nilai tersebut masih dibawah KKM dan juga siswa merasa tidak mampu akan pelajaran matematika.Sementara siswa lain memaknakan bahwa dukungan yang diberikan wali kelas sangat membantu siswa dalam menghadapi tuntutan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik mengenai gambaran pemaknaan dukungan sosial wali kelas, self efficacy siswa dan seberapa erat hubungan antara dukungan sosial wali kelas dengan self efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI Multimedia SMK TI Garuda Nusantara kota Cimahi. Metode penelitain yang digunakan yaitu metode korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi dimana subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia I SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi yang berjumlah 40 orang. Data mengenai dukungan wali kelas dan self efficacy dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan teori dukungan sosial dari Sarafino dan Self Efficacy dari Bandura. Data yang diperoleh berupa data ordinal sehingga pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar rs = 0,860, dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara dukungan wali kelas dengan self efficacy pada mata pelajaran matematika di kelas XI Multimedia I SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi. Artinya semakin negatif pemaknaan siswa akan dukungan wali kelas maka semakin rendah self efficacy siswa pada mata pelajaran matematika ataupun sebaliknya. en_US
dc.description.sponsorship Endang Supraptiningsih, Dra., M.Si. en_US
dc.publisher Falkultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Dukungan Sosial, Persepsi, Self Efficacy en_US
dc.title Hubungan Antara Persepsi Dukungan Wali Kelas Dengan Self Efficacy Siswa (Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas XI Multimedia I SMKTI-Garuda Nusantara Kota Cimahi) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account