Universitas Islam Bandung Repository

Objektivitas Berita Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Rudiana, Feari Krisna
dc.creator Yunita, Yenni
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T03:00:28Z
dc.date.available 2019-09-12T03:00:28Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/4246
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23235
dc.description Sebagai ibu kota negara Indonesia, berita mengenai pemilihan gubernur DKI Jakarta selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dalam skala yang besar, bukan hanya warga Jakarta sebagai calon pemilih. Di era ini sebagian orang memanfaatkan fitur internet untuk mendapatkan seluruh informasi mengenai calon kepala daerah DKI Jakarta 2017 dari media online. Menurut Syarifudin Yunus dalam Jurnalistik Terapan (2010:33), media online kini menjadi alternatif media yang paling mudah mendapat akses informasi atau berita. Karena media online adalah sarana mendapatkan informasi paling efektif yang ada di era lebih maju yaitu era teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui objektivitas pemberitaan mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 dalam media online Kompas.com dan Tempo.co. Menurut Westerhall, kategori objektivitas berita dapat diukur berdasarkan aspek kebenaran, relevansi, keberimbangan, dan netralitas. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Sampel yang dipilih sebagai objek penelitian sebanyak 7 berita dari masing-masing media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media online Kompas.com dan Tempo.co menerapkan semua objektivitas pada aspek kebenaran, relevansi, keseimbangan, dan netralitas.As the capital city of Indonesia, news about Jakarta governor election has always managed to attract the attention of society on a large scale, not only the citizens of Jakarta as potential voters. In this era, most people use the internet feature to get all the information about prospective head region of Jakarta 2017 from online media. According Syarifudin Yunus in Applied Journalism (2010:33), the online media has become an alternative media most easily get access to information or news. Because the online media is the most effective means of getting the information contained in the more advanced era is the era of information technology. This study was conducted to determine the objectivity of the election of Jakarta 2017 in the online media Kompas.com and Tempo.co. According to Westerhall, categories of news objectivity can be measured based on the aspect of truth, relevance, a balance and neutrality. This study also uses quantitative research methods descriptive content analysis techniques. Samples were selected as research objects as much as 7 news from each media. The results of this study indicate that online media Kompas.com and Tempo.co implement all aspects of the objectivity of truth, relevance, balance and neutrality.
dc.description Sebagai ibu kota negara Indonesia, berita mengenai pemilihan gubernur DKI Jakarta selalu berhasil menarik perhatian masyarakat dalam skala yang besar, bukan hanya warga Jakarta sebagai calon pemilih. Di era ini sebagian orang memanfaatkan fitur internet untuk mendapatkan seluruh informasi mengenai calon kepala daerah DKI Jakarta 2017 dari media online. Menurut Syarifudin Yunus dalam Jurnalistik Terapan (2010:33), media online kini menjadi alternatif media yang paling mudah mendapat akses informasi atau berita. Karena media online adalah sarana mendapatkan informasi paling efektif yang ada di era lebih maju yaitu era teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui objektivitas pemberitaan mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 dalam media online Kompas.com dan Tempo.co. Menurut Westerhall, kategori objektivitas berita dapat diukur berdasarkan aspek kebenaran, relevansi, keberimbangan, dan netralitas. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Sampel yang dipilih sebagai objek penelitian sebanyak 7 berita dari masing-masing media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media online Kompas.com dan Tempo.co menerapkan semua objektivitas pada aspek kebenaran, relevansi, keseimbangan, dan netralitas.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/4246/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Jurnalistik
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 2, No 2, Prosiding Jurnalistik (Agustus, 2016); 229-237
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 2, No 2, Prosiding Jurnalistik (Agustus, 2016); 229-237
dc.source 2460-6529
dc.subject Proceedings of Journalism
dc.subject Objectivity, Jakarta Election News in 2017, Online Media
dc.subject Prodi Ilmu Jurnalistik;Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.subject Objektivitas, Berita Pilkada DKI Jakarta 2017, Media Online
dc.title Objektivitas Berita Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017
dc.title Objektivitas Berita Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Jurnalistik [280]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi konsentrasi Jurnalistik

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account