Universitas Islam Bandung Repository

Wacana Pria Ideal Dalam Majalah Wanita

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Luthfiati, Syifa
dc.creator Gani, Rita
dc.date 2015-08-13
dc.date.accessioned 2019-09-12T03:00:32Z
dc.date.available 2019-09-12T03:00:32Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/1985
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23278
dc.description Setiap generasi memiliki tipe pria idealnya masing-masing. Salah satu penyebab dari perubahan tipe pria ideal ini yaitu media massa. Majalah merupakan salah satu bentuk media massa, karena dalam memberikan informasinya, majalah didominasi oleh teks. Teks dipercaya memiliki muatan ideologi tertentu didalamnya. Selain itu, kehadiran teks dalam sebuah majalah merupakan representasi dari realita sosial di masyarakat yang diserap oleh media. Maka penelitian ini akan mengupas pertanyaan Bagaimana Wacana Pria Ideal Pada Rubrik Utama “Evolusi Pria Ideal” di Majalah Femina Edisi Tahunan 2015? Penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Terdapat tiga dimensi bagi Fairclough untuk menganalisis sebuah teks, pertama teks artikel dianalisis dan dideskripsikan secara kritis. Discourse Practice (praktik wacana) memusatkan perhatian pada bagaimana produksi dan konsumsi teks. Sedangkan Sociocultural Practice (praktik sosial budaya) didasarkan asumsi bahwa konteks sosial yang ada diluar media mempengaruhi bagaimana wacana tentang perubahan tipe pria ideal ini hadir dalam Majalah Femina Edisi Tahunan 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi dimensi teks Penulis menggambarkan perubahan tipe pria ideal saat ini yaitu, pria yang memiliki kematangan emosional baik. Dari segi praktik wacana yang diterapkan dalam artikel ini yaitu memunculkan produksi teks yang mengalami banyak perubahan. Karena, teks yang dihasilkan oleh Penulis harus melalui tahap editing yang cukup panjang sehingga memungkinkan merubah pola pikir dan gagasan yang ingin disampaikan penulis. Dari segi Praktik sociocultural dalam teks ini banyak dipengaruhi oleh faktor sosial. Faktor sosial ini hadir dari adanya akulturasi yang datang dari media massa. Media massa aktif dalam menghadirkan tipe pria ideal yang terus berubah dari masa ke masa. Tampilan yang disajikan oleh media tidak hanya pria Indonesia namun dari berbagai negara yang secara tidak langsung mampu mempengaruhi tipe pria ideal di Indonesia. Terakhir, dari pandangan pembaca mengenai tipe pria ideal saat ini sepakat dengan Penulis yaitu pria yang memiliki emosional baik dan mampu menunjukkan sisi feminin jika dibutuhkan namun tidak keluar dari identitas prianya. Tetapi, perubahan tipe pria yang terus terjadi saat ini melahirkan istilah-istilah baru bagi pria. Istilah-istilah tersebut memiliki ciri yang semakin bertolak belakang pada konsep maskulin tradisional yaitu pria feminin dan pria feminin ini menjadi salah satu tipe pria ideal saat ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/1985/pdf
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 2, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2015); 21-25
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 1, No 2, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2015); 21-25
dc.source 2460-6529
dc.subject
dc.subject Majalah, Wacana, Evolusi, Pria
dc.title Wacana Pria Ideal Dalam Majalah Wanita
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Jurnalistik [280]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi konsentrasi Jurnalistik

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account