Universitas Islam Bandung Repository

Framing Media terhadap Berita Pengelolaan Pembangunan MRT (Mass Rapid Transit)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Hikmanulhakiim, Muhammad Fichri
dc.creator Gani, Rita
dc.date 2018-09-28
dc.date.accessioned 2019-09-12T03:00:34Z
dc.date.available 2019-09-12T03:00:34Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/12662
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23310
dc.description Abstract. The research is titled "Framing the media on news management of MRT development in newspapers Media Indonesia and Bisnis Indonesia". Basically a media frame or better known as framing, is a method to see how the media tells the story of an event. Framing primarily looks at how messages or events are constructed by the media. How journalists construct events and present them to audiences. The purpose of this research is to know how the syntactic structure, script structure, thematic structure, rhetorical structure, and know the difference of journalist's perspective on news of MRT Jakarta development project in daily Media Indonesia and Bisnis Indonesia. In addition, this research is also intended to contribute in the development of studies in the field of Communication Science, especially related to media studies. The research method used is method of text analysis (qualitative), by using framing model of Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicky. Data collection techniques are documentation study, literature study, and observation. While the technique of data analysis using categorization analysis, data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results of the analysis and discussion then obtained the results of Media Indonesia framing the news that the development of MRT Jakarta city has a lot of positive things in the future for the community. Meanwhile, Bisnis Indonesia frames the implementation of the development, emphasizing the income and business that will be achieved after the completion of this MRT. In constructing the news, media should present mainly disputes-related events, cover both sides. In addition, the media should present a clear causal relationship with clear arguments and reasons so that audiences can understand an event in its entiretyKeywords: Framing analysis, construction of social reality, media ideology Abstrak. Penelitian ini berjudul “Framing media terhadap berita pengelolaan pembangunan MRT pada surat kabar Media Indonesia dan Bisnis Indonesia”. Pada dasarnya bingkai media atau lebih dikenal dengan framing, merupakan metode untuk melihat bagaimana cara media bercerita atas sebuah peristiwa. Framing terutama melihat bagaimana pesan atau peristiwa dikonstruksi oleh media. Bagaimana wartawan mengkonstruksi peristiwa dan menyajikannya kepada khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, struktur retoris, dan mengetahui perbedaan sudut pandang wartawan pada berita proyek pembangunan MRT Jakarta pada harian Media Indonesia dan Bisnis Indonesia. Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan kontribusi dalam perkembangan kajian pada bidang Ilmu Komunikasi, khususnya yang berkaitan dengan studi media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis teks (kualitatif), dengan menggunakan model framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky. Teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis kategorisasi, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka diperoleh hasil dari Media Indonesia membingkai berita yang menilai bahwa pembangunan MRT kota Jakarta memiliki banyak pengaruh hal positif kedepannya bagi masyarakat. Sementara Bisnis Indonesia membingkai pelaksanaan pembangunan tersebut menekankan hal pendapatan dan bisnis yang akan di capai setelah rampungnya MRT ini. Dalam mengkonstruksi berita sebaiknya media menyajikan peristiwa terutama yang berkaitan sengketa, secara cover both side. Selain itu, media hendaknya menampilkan hubungan kausalitas yang jelas disertai argumentasi dan alasan yang jelas pula agar khalayak dapat memahami suatu peristiwa secara utuh.Kata kunci: Analisis framing, konstruksi realitas sosial, ideologi media
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/12662/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Jurnalistik
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 4, No 2, Prosiding Jurnalistik (Agustus, 2018); 151-157
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 4, No 2, Prosiding Jurnalistik (Agustus, 2018); 151-157
dc.source 2460-6529
dc.subject Jurnalistik
dc.subject Analisis framing, konstruksi realitas sosial, ideologi media
dc.title Framing Media terhadap Berita Pengelolaan Pembangunan MRT (Mass Rapid Transit)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Jurnalistik [280]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi konsentrasi Jurnalistik

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account