Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Sponsorship Liverpool Fc dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Pradan, Septian Titus Alta
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2018-08-03
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:34Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:34Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11095
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23914
dc.description Abstract. This thesis has tittle “Relationship of Sponsorship Liverpool FC With Interest of Using Airlines Services Brand Garuda Indonesia”. This research focusing on Garuda Indonesia as sponsor of football team Liverpool FC to increase interest of using airlines services of Garuda Indonesia on Liverpool fan base called BIGREDS Bandung. The purpose of this research are to find relationship between attitude to the sponsor with interest of using airlines services Garuda Indonesia on BIGREDS Bandung, sincerity of the sponsor with interest of using airlines services Garuda Indonesia on BIGREDS Bandung and  ubiquity of the sponsor with interest of using airlines services Garuda Indonesia on BIGREDS Bandung. On this research writer using correlational quantitative method. This research will illustrated how relationship between sponsorship with interest of using of airlines services brand Garuda Indonesia. On this research writer use sponsor factors as measuring instrument (X) and interest theory (Y). Writer use Slovin theory to found how many correspondent should be involved and the results are showed one hundred people from BIGREDS Community. The final results of this research after spreading one hundred questionnaire are there’s been relationship between sponsorship of Liverpool FC with interest of using airlines services brand Garuda Indonesia. Nevertheless on Guilford the result showed low but definitely because based on questionnaire who has been spread show only 0,320. This score obtained by value count t amount 3,344 and value count table t with dk= 98 and α = 5% are amount 1,984 then canbe see that t count (3,344) > table t (1,984) so that Ho been rejected.As for the conclusion of this research is Garuda Indonesia Airlines has been successful to increase interest of using airlines services on BIGREDS Bandung. Sponsorship as one of integrated marketing communication on Kotler’s , so that can be said if football game can be one of effectively promotion media, moreover on the best league in the world English Premiere League and the team who already has big fans around the world.Keywords: Sponsorship, Sponsor, Airlines, Marketing, Promotion, Liverpool FC Abstrak. Skripsi ini berjudul “Hubungan Sponsorship Liverpool FC dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia.” Permasalahan yang diangkat mengenai Garuda Indonesia yang menjadi sponsor dari tim sepak bola Liverpool FC dalam meningkatkan minat menggunakan jasa merek maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara attitude to the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung, hubungan antara sincerity of the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung, hubungan antara ubiquity of the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional. Di sini penulis akan menggambarkan tentang bagaimana hubungan antara kerja sama sponsorship Garuda Indonesia dan Liverpool FC dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan faktor sponsor sebagai alat ukur (X) dan teori minat (Y). penulis menggunakan rumus Slovin dalam menentukan jumlah responden, dari hasil penghitungan maka responden dalam penelitian ini adalah 100 orang dari komunitas Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah terdapat hubungan antara sponsorship Liverpool FC dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia. Walaupun dalam kriteria Guilford poin yang dihasilkan rendah tapi pasti dengan 0,320. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai t hitung sebesar 3,344 dan nilai t tabel dengan dk = 98 dan α = 5% adalah sebesar 1,984 maka dapat dilihat bahwa t hitung (3,344) > t tabel (1,984) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Sponsorship Liverpool FC dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di BIGREDS Bandung dengan tingkat hubungan rendah tapi pasti. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah maskapai Garuda Indonesia berhasil menggaet minat dari komunitas BIGREDS Bandung dalam menggunakan maskapai mereka. Sponsorship yang memang menjadi salah satu instrument dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu Kotler maka bisa dikatakan bila sepak bola memang menjadi salah satu media untuk berpromosi yang efektif, apalagi di salah satu liga internasional yang sangat kompetitif English Premiere League dan juga di klub yang memiliki jumlah fans di dunia sangat tinggi.Kata Kunci:         Sponsorship¸ Sponsor, Maskapai, Pemasaran, Promosi, Liverpool FC
dc.description Skripsi ini berjudul “Hubungan Sponsorship Liverpool FC dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia.” Permasalahan yang diangkat mengenai Garuda Indonesia yang menjadi sponsor dari tim sepak bola Liverpool FC dalam meningkatkan minat menggunakan jasa merek maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara attitude to the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung, hubungan antara sincerity of the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung, hubungan antara ubiquity of the sponsor dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional. Di sini penulis akan menggambarkan tentang bagaimana hubungan antara kerja sama sponsorship Garuda Indonesia dan Liverpool FC dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di komunitas BIGREDS Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan faktor sponsor sebagai alat ukur (X) dan teori minat (Y). penulis menggunakan rumus Slovin dalam menentukan jumlah responden, dari hasil penghitungan maka responden dalam penelitian ini adalah 100 orang dari komunitas Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah terdapat hubungan antara sponsorship Liverpool FC dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia. Walaupun dalam kriteria Guilford poin yang dihasilkan rendah tapi pasti dengan 0,320. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai t hitung sebesar 3,344 dan nilai t tabel dengan dk = 98 dan α = 5% adalah sebesar 1,984 maka dapat dilihat bahwa t hitung (3,344) > t tabel (1,984) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Sponsorship Liverpool FC dengan minat menggunakan jasa maskapai Garuda Indonesia di BIGREDS Bandung dengan tingkat hubungan rendah tapi pasti. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah maskapai Garuda Indonesia berhasil menggaet minat dari komunitas BIGREDS Bandung dalam menggunakan maskapai mereka. Sponsorship yang memang menjadi salah satu instrument dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu Kotler maka bisa dikatakan bila sepak bola memang menjadi salah satu media untuk berpromosi yang efektif, apalagi di salah satu liga internasional yang sangat kompetitif English Premiere League dan juga di klub yang memiliki jumlah fans di dunia sangat tinggi.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11095/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 393-398
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 393-398
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Sponsorship¸ Sponsor, Maskapai, Pemasaran, Promosi, Liverpool FC
dc.subject Ilmu Komunikasi
dc.subject Sponsorship¸ Sponsor, Maskapai, Pemasaran, Promosi, Liverpool FC
dc.title Hubungan Sponsorship Liverpool Fc dengan Minat Menggunakan Jasa Merek Maskapai Garuda Indonesia
dc.title HUBUNGAN SPONSORSHIP LIVERPOOL FC DENGAN MINAT MENGGUNAKAN JASA MEREK MASKAPAI GARUDA INDONESIA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type Korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account