Universitas Islam Bandung Repository

Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Masyarakat Kota Cimahi dalam Berbagi Infnormasi Melalui Akun @Info_Cimahi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Apriyanti, Tresna Dewi
dc.creator Zulfebriges, Zulfebriges
dc.date 2019-01-29
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:34Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:34Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16196
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23916
dc.description Abstract. Research context that the researcher will discuss is regarding the use of Instagram by the @info_cimahi account manager. Currently, there are many accounts that use Instagram as a business media, propaganda, entertainment, and a community. Not even a few are found accounts that are in the name of a particular city. This then became an interesting phenomenon in Indonesia, considering that Indonesia consists of many cities to hundreds of districts or cities. The objectives of this study are (1) to find out the reasons for choosing Instagram as a medium of communication and sharing local information in Cimahi City society, (2) to find out the communication process of @info_cimahi account manager with followers in sharing information (3) to find out the communication process in maintaining a cooperative relationship between @info_cimahi Instagram account manager and advertiser, (4) to find out the utilization of Instagram social media by the @info_cimahi account manager. Research methodology is used qualitative and a case study approach. The technique for data collecting is by conducting interviews with the founder of the account @info_cimahi, observing it by observing similar social media, and documentation in the form of Instagram quotes. The results of the research conducted, the reason for choosing Instagram by the manager of @info_cimahi account is because there are many Instagram users in Indonesia, there are many features that can be used as an effective means of communication, and requests from advertisers. The strategy that is carried out for communication process between managers and followers runs effectively, such as creating an attractive profile, making interesting and correct content, and making interesting captions. The strategy that is carried out for the communication process between account managers and advertisers runs effectively is by conducting sales promotions, filtering and making a one-door communication channel. The @info_cimahi account manager has been able to take advantage of all the features on Instagram, but their usage is not entirely optimal.Keywords: Social media, Instagram, Info CimahiAbstrak. Konteks penelitian yang dibahas adalah pemanfaatan Instagram yang dilakukan oleh pengelola akun @info_cimahi. Saat ini banyak di temui akun-akun yang memanfaatkan instagram sebagai media bisnis, dakwah, hiburan, hingga komunitas. Bahkan tak sedikit ditemui akun-akun yang mengatasnamakan suatu kota tertentu. Hal ini kemudian menjadi fenomena yang menarik di Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak kabupaten dan kota. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui alasan pemilihan instagram sebagai media komunikasi dan berbagi informasi lokal masyarakat Kota Cimahi (2) untuk mengetahui proses komunikasi pengelola akun @info_cimahi dengan pengikut dalam berbagi informasi local, (3) untuk mengetahui proses komunikasi antara pengelola akun instagram @info_cimahi dengan pengiklan, (4) untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram oleh pengelola akun @info_cimahi. Metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dengan pendiri akun @info_cimahi, observasi dengan mengamati media sosial sejenis, dan dokumentasi berupa gambar kutipan Instagram. Hasil dari penelitian yang dilakukan, alasan pemilihan Instagram oleh pengelola akun @info_cimahi ialah karena banyaknya pengguna Instagram di Indonesia, terdapat banyak fitur yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang efektif, dan permintaan dari pengiklan. Strategi yang dilakukan agar proses komunikasi antara pengelola dan pengikut berjalan efektif diantaranya adalah membuat profil yang menarik, membuat konten yang menarik dan benar, serta membuat caption yang menarik. Strategi yang dilakukan agar proses komunikasi antara pengelola akun dan pengiklan berjalan dengan efektif ialah dengan melakukan promosi penjualan, filterisasi dan membuat alur komunikasi satu pintu. Pengelola akun @info_cimahi telah dapat memanfaatkan seluruh fitur pada Instagram, namun penggunaannya tidak seluruhnya maksimal.Kata Kunci : Media sosial, Instagram, Info Cimahi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16196/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 293-300
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 293-300
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Media sosial, Instagram, Info Cimahi
dc.title Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Masyarakat Kota Cimahi dalam Berbagi Infnormasi Melalui Akun @Info_Cimahi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account