Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Tayangan “Beriman” TransTv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Mauliza, Nelsi
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2019-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:35Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:35Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/15497
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23930
dc.description Abstract. With the presence of various types of TV shows, audiences often seek the information according to their individual needs. Informative TV shows can provide new knowledge to the public. "Beriman TransTV" is one of the informative shows that presents news about Islamic values. Programs that offer information about Islam can be the needs by various audiences, especially audiences who in their activities disseminate Islamic values, who is Unisba Da'wah Faculty. The purpose of this study was to determine the relationship between "Beriman TransTV" shows and student information needs. TV shows chosen by audiences are largely determined by the type of media, media content, media exposure, and social context. The method used in this study is a quantitative method with a Spearman rank correlation approach, which can test the relationship between two variables, which is "Beriman TransTV" shows with information needs. The researcher is using random sampling. The results of this study indicate that the four elements of the concept of media use are media type, media content, media exposure, and social context related to information needs.Keyword: TV Programs, Tv Shows, Information needs Abstrak. Dengan hadirnya beragam jenis tayangan, khalayak seringkali mencari informasi sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Tayangan TV yang bersifat informatif dapat memberikan pengetahuan baru kepada khalayak. Tayangan “Beriman TransTV” merupakan salah satu tayangan informatif yang menyajikan berita mengenai nilai-nilai Islam. Program yang menyuguhkan informasi mengenai Islam dapat menjadi tontonan yang diinginkan oleh berbagai khalayak terutama khalayak yang dalam  kegiatannya menyebarkan nilai-nilai Islam yaitu mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tayangan “Beriman TransTV” dengan kebutuhan informasi mahasiswa. Tayangan TV yang  dipilih khalayak sangat ditentukan oleh jenis media, isi media, terpaan media, dan konteks sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi rank spearman, yang dapat menguji hubungan antara dua variabel yaitu Tayangan “Beriman TransTV” dengan kebutuhan informasi. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat elemen dari konsep penggunaan media yaitu jenis media, isi media, terpaan media, dan konteks sosial berhubungan dengan kebutuhan informasi.Kata kunci: Tayangan, Kebutuhan Informasi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/15497/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 229-236
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 229-236
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Tayangan, Kebutuhan Informasi
dc.title Hubungan antara Tayangan “Beriman” TransTv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Dakwah Unisba
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account