Universitas Islam Bandung Repository

Kampanye Kreatif Anti Berita Hoax di Media Sosial

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Nursyabani, Syahlaa Firyaal
dc.creator Nurhastuti, Nurhastuti
dc.date 2018-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:36Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:36Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9232
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23940
dc.description Abstract. The problem studied in the research entitled "Campaign Creative Anti Hoax News in Social Media" is the phenomenon of hoax news which is rapidly spreading through social media in the community caused by lack of public trust to the government and the press. Then comes the website "Turn Back Hoax" as a database containing a collection of useful hoax news to facilitate the public in reporting and looking for news hoax. Spontaneously the community formed various groups/fanspage in social media, especially Facebook as a forum to discuss about an issue that spread in the community. One example of discussion that will be taken as the subject in this study is the Indonesian Hoax Buster (IHB) forum on Facebook. The purpose of this research is to know the evaluation of campaign consisting of evaluation of formative, process, effect, and impact of Forum Indonesian Hoax Buster (IHB) campaign. This research type is phenomenology study, data source use informant or resource. Data collection techniques use interviews, documentation and online tracking. Test the validity of  using triangulation method as checking from various sources in various ways and time. The result of this research is to carry out campaign activities conducted by Forum Indonesian Hoax Buster (IHB) Bandung which aimed to reduce the news hoax spread through social media and cause behavior change to society, in the structure of the team that consists of event coordinator, media officer, volunteer and participant event, where activities by oration and education that also involve community leaders is making creative campaigns increasingly in demand. Keywords: Campaign, Campaign Evaluation, Media, Behavior Change Abstrak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian yang berjudul “Kampanye Kreatif Anti Berita Hoax di Media Sosial” yaitu fenomena berita hoax yang semakin cepat menyebar melalui media sosial di kalangan masyarakat yang disebabkan karena kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan pers. Kemudian munculah website “Turn Back Hoax” sebagai database berisi kumpulan berita hoax yang gunanya untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan dan mencari berita hoax. Secara spontanitas masyarakat membentuk berbagai macam grup/fanspage di media sosial terutama Facebook sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai suatu isu yang tersebar di masyarakat. Salah satu contoh  diskusi yang akan diambil sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Forum Indonesian Hoax Buster (IHB) di Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kampanye yang terdiri dati evaluasi formati, proses, efek, dan dampak dari kampanye Forum Indonesian Hoax Buster (IHB). Jenis penelitian ini adalah studi fenomenologi, sumber data menggunakan informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancar, dokumentasi dan penelusuran data online. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan waktu. Hasil penelitian adalah melaksanakan kegiatan kampanye yang dilakukan Forum Indonesian Hoax Buster (IHB) Bandung yang bertujuan untuk mengurangi berita hoax yang tersebar melalui media sosial dan menimbulkan perubahan perilaku terhadap masyarakat, dalam strukturnya tim yang terbentuk terdiri dari koordinator acara, media officer, relawan dan partisipan acara, di mana aktivitas dengan melakukan orasi dan edukasi yang juga melibatkan tokoh masyarakat ini membuatkan kampanye kreatif semakin diminati.Kata Kunci: Kampanye, Evaluasi Kampanye, Media, Perubahan Perilaku
dc.description Abstrak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian yang berjudul “Kampanye Kreatif Anti Berita Hoax di Media Sosial” yaitu fenomena berita hoax yang semakin cepat menyebar melalui media sosial di kalangan masyarakat yang disebabkan karena kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan pers. Kemudian munculah website “Turn Back Hoax” sebagai database berisi kumpulan berita hoax yang gunanya untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan dan mencari berita hoax. Secara spontanitas masyarakat membentuk berbagai macam grup/fanspage di media sosial terutama Facebook sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai suatu isu yang tersebar di masyarakat. Salah satu contoh  diskusi yang akan diambil sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Forum Indonesian Hoax Buster (IHB) di Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kampanye yang terdiri dati evaluasi formati, proses, efek, dan dampak dari kampanye Forum Indonesian Hoax Buster (IHB). Jenis penelitian ini adalah studi fenomenologi, sumber data menggunakan informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancar, dokumentasi dan penelusuran data online. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan waktu. Hasil penelitian adalah melaksanakan kegiatan kampanye yang dilakukan Forum Indonesian Hoax Buster (IHB) Bandung yang bertujuan untuk mengurangi berita hoax yang tersebar melalui media sosial dan menimbulkan perubahan perilaku terhadap masyarakat, dalam strukturnya tim yang terbentuk terdiri dari koordinator acara, media officer, relawan dan partisipan acara, di mana aktivitas dengan melakukan orasi dan edukasi yang juga melibatkan tokoh masyarakat ini membuatkan kampanye kreatif semakin diminati.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/9232/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/9232/1624
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 40-46
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2018); 40-46
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kampanye, Evaluasi Kampanye, Media, Perubahan Perilaku
dc.subject Fakultas Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
dc.subject Kata Kunci: Kampanye, Evaluasi Kampanye, Media, Perubahan Perilaku
dc.title Kampanye Kreatif Anti Berita Hoax di Media Sosial
dc.title Kampanye Kreatif Anti Berita Hoax di Media Sosial
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account