dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Ghassani, Destevania Nurul |
|
dc.creator |
Rinawati, Rini |
|
dc.date |
2017-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T05:42:37Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T05:42:37Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/6988 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/23971 |
|
dc.description |
Role play was assumed as one of the media for (mostly) K-Pop enthusiast who want to potray and acting as the idol on their social media. So far, Twitter is the most used media by Korean role players. Ideally, they show how they’re acting and potray the idol by tweeting their imagination as if they’re really live by the idol’s life. The purpose of my research is to explore the Korean role player’s transformation of self-concept that will build their behavior, at the present and the future, both in the role play world also in their real life world. This research use a qualitative research with phenomenology study type, which will study the phenomena that showed up from Korean role player’s experience. Understanding the conscious experience from Korean role player’s point of view, and interpret their experience by participating method also interviewing their social media activity (Twitter) and their real life activity experience. The results show us that the transformation of self-concept that built in the role player’s behaviour is highly positive. Korean role player is more confident and good in socializing. Furthermore, their speaking ability is also increased, specially in English and Korean basic. That positive vibe is applied in their real life that will also affect their future. |
|
dc.description |
Role play dianggap sebagai salah satu media untuk penggemar K-Pop yang ingin mengikuti dan berperan sebagai idola tersebut di sosial media. Sejauh ini, Twitter adalah sosial media yang paling banyak dan sering digunakan oleh Korean role player. Idealnya, Korean role player ini menunjukkan dengan cara melakukan tweet yang berisikan khayalan, seolah-olah Ia-lah sang idola layaknya apa yang idolanya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi transformasi konsep diri Korean role player yang akan membangun perilaku Korean role player di masa sekarang dan masa yang akan datang, baik di dalam role play world maupun di luar role play world. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi, yang akan mempelajari fenomena yang muncul dari pengalaman Korean role player. Memahami pengalaman sadar dari sudut pandang Korean role player dan memaknai pengalamannya dengan metode berperanserta dan wawancara dalam dunia virtual role play world di media sosial Twitter. Hasil penelitian menggambarkan transformasi konsep diri yang terkonstruksi dari permainan peran role play world di media sosial Twitter untuk Korean role player sebagai penggemar yang tercermin melalui perilakunya adalah positif. Korean role player semakin percaya diri dan lihai dalam bersosialisasi. Selain itu, kemampuannya dalam berbahasa pun meningkat terutama dalam bahasa Inggris dan semakin mengetahui kosa kata dalam bahasa Korea. Pengaruh positif itupun diterapkan dalam kehidupan nyata yang juga akan mempengaruhi kehidupannya di masa mendatang. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/6988/pdf |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/6988/1203 |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 392-402 |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 392-402 |
|
dc.source |
2460-6537 |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi |
|
dc.subject |
Korean Role Player, Twitter, Self-Concept. |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi, Universitas Islam Bandung |
|
dc.subject |
Korean Role Player, Twitter, Konsep Diri. |
|
dc.title |
Konsep Diri Korean Role Play (Studi Fenomenologi pada Korean Role Player dalam Dunia Virtual Role Play World di Media Sosial Twitter) |
|
dc.title |
Konsep Diri Korean Role Play (Studi Fenomenologi pada Korean Role Player dalam Dunia Virtual Role Play World di Media Sosial Twitter) |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kualitatif |
|
dc.type |
Kualitatif |
|