Universitas Islam Bandung Repository

Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika oleh Pemerintah Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Wasilah, Qorni
dc.creator Rinawati, Rini
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:38Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:38Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4820
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23978
dc.description Abstract. The high-level visits from people outside the city of Bandung as well as the growing entertainment business, such as places for recreation up to shopping center in Bandung make this city never less visited by tourists. Asia Afrika street is one of the oldest and most historic street in the city of Bandung. Seeing good opportunities related to tourism that can be produced from this region around Asia Afrika street, Bandung City Government creates a new program known as Tourism Campaign Car Free Night Asia Africa held every two weeks, on Saturday starting at 18:00 to 23:00 pm. The purpose of this study is to determine the tourism campaign Car Free Night Asia Africa undertaken by the Government of Bandung. Under these conditions, the authors analyze the problem through several elements, namely, the achievement of goals tourism campaign Car Free Night Asia and Africa, the effects of tourism campaigns Car Free Night Asia and Africa, as well as evaluation of tourism campaigns Car Free Night Asia Africa by the Government of Bandung. The method used in this study is a qualitative research method with case study approach. Data are obtained through interviews with the Head of Department of Culture and Tourism Attractions Bandung Tourism, Head of the Traffic and Parking Department of Transportation Bandung, Head of Public Relations Diskominfo Bandung, and tourists Car Free Night Asia and Africa. In addition, data are also obtained through the observation and study of literature. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the achievement of the objectives of tourism campaigns Car Free Night Asia Africa is to increase the number of tourists to the presence of Bandung and the happiness index of Bandung people become an economic land for the citizens of Bandung and a political image for Bandung Mayor. Furthermore, the effect resulted from the tourism campaigns Car Free Night Asia Africa is changed mindset, attitude, and behavior of public and tourists to care more about the environment, especially on the Car Free Night Asia and Africa event. The evaluation tourism campaign Car Free Night Asia Africa discusses the problems and obstacles faced when organizing Car Free Night Asia Africa and from the evaluation, there  can be generated ways out and further actions that will be done in order to create a better Tourism Campaign Car Free Night Asia Africa. Abstrak. Tingginya tingkat kunjungan masyarakat dari luar Kota Bandung serta maraknya bisnis hiburan, rekreasi hingga perbelanjaan di Bandung membuat kota ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Jalan Asia Afrika merupakan salah satu jalan yang paling tua dan bersejarah di Kota Bandung. Melihat peluang yang baik terkait pariwisata yang dapat dihasilkan dari kawasan Jalan Asia Afrika ini, Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah program baru yaitu Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali, pada hari Sabtu mulai dari pukul 18.00-23.00 WIB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yaitu, pencapaian tujuan kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika, efek kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika, serta evaluasi kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika oleh Pemerintah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan Kepala Bagian Objek Pariwisata Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung, Kepala Bagian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung, Kepala Bidang Humas Diskominfo Kota Bandung, dan wisatawan Car Free Night Asia Afrika. Selain itu data diperoleh melalui observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pencapaian tujuan kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika adalah meningkatkan jumlah kehadiran wisatawan ke Kota Bandung, meningkatkan indeks kebahagiaan warga Kota Bandung, menjadi lahan ekonomi bagi warga Kota Bandung dan menumbuhkan citra politik Walikota Bandung. Selanjutnya, efek kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika adalah merubah pola pikir, sikap, serta perilaku masyarakat dan wisatawan untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama Car Free Night Asia Afrika. Evaluasi kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika membahas masalah dan kendala yang dihadapi saat penyelenggaraan Car Free Night Asia Afrika dan dari evaluasi tersebut dapat dihasilkan jalan keluar serta tindakan lebih lanjut yang akan dibuat untuk mensukseskan Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika agar menjadi lebih baik lagi.
dc.description Tingginya tingkat kunjungan masyarakat dari luar Kota Bandung serta maraknya bisnis hiburan, rekreasi hingga perbelanjaan di Bandung membuat kota ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Jalan Asia Afrika merupakan salah satu jalan yang paling tua dan bersejarah di Kota Bandung. Melihat peluang yang baik terkait pariwisata yang dapat dihasilkan dari kawasan Jalan Asia Afrika ini, Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah program baru yaitu Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali, pada hari Sabtu mulai dari pukul 18.00-23.00 WIB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yaitu, pencapaian tujuan kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika, efek kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika, serta evaluasi kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika oleh Pemerintah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan Kepala Bagian Objek Pariwisata Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung, Kepala Bagian Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung, Kepala Bidang Humas Diskominfo Kota Bandung, dan wisatawan Car Free Night Asia Afrika. Selain itu data diperoleh melalui observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pencapaian tujuan kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika adalah meningkatkan jumlah kehadiran wisatawan ke Kota Bandung, meningkatkan indeks kebahagiaan warga Kota Bandung, menjadi lahan ekonomi bagi warga Kota Bandung dan menumbuhkan citra politik Walikota Bandung. Selanjutnya, efek kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika adalah merubah pola pikir, sikap, serta perilaku masyarakat dan wisatawan untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama Car Free Night Asia Afrika. Evaluasi kampanye pariwisata Car Free Night Asia Afrika membahas masalah dan kendala yang dihadapi saat penyelenggaraan Car Free Night Asia Afrika dan dari evaluasi tersebut dapat dihasilkan jalan keluar serta tindakan lebih lanjut yang akan dibuat untuk mensukseskan Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika agar menjadi lebih baik lagi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4820/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/4820/766
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 429 - 434
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 429 - 434
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject Campaign, Tourism, Car Free Night Asia Afrika, Bandung City Government, A Case Study
dc.subject Prodi Ilmu Manajemen Komunikasi; Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.subject kampanye, pariwisata, car free night, pemerintah kota bandung, studi kasus
dc.title Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika oleh Pemerintah Kota Bandung
dc.title Kampanye Pariwisata Car Free Night Asia Afrika oleh Pemerintah Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type metode kualitatif-studi kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account