One of the action that can be done by company is using word of mouth communication for promoting its product. Word of mouth communication is one important element in promoting for expanding purchase interest on a product, since word of mouth communication is a promotion tool that trusted for giving effective result. In the process of sharing information through word of mouth communication it could persuade consumer, since it based on trusted source, thus, it gives an interest in purchasing. This research entitled Word of Mouth Communication Relationship Through Internet with Purchase Interest on Brodo Product. The formulation of problem in this research was “is there connection between word of mouth communication through internet with purchase interest on Brodo product?” This research aims for identify the connection between talkers, topics, and tools through Internet with purchase interest on Brodo product. Theory that used for this research was integration information by Martin Fishbein. Research method that used for this research was correlational, which connect betweentwo variables. Population and sample that used for this research was taken from active followers that giving comments on @bro.do Instagram since January to May 2017. By using the correlation sample size, writer gained 85 respondents. Sampling technique that used for this research wassimple random sampling. For calculation of coefficient correlation, formulation Rank Spearman was used. The result obtained with coefficient correlation value rs=0,662. As a result of the research, there was a strong connection between word of mouth communication through Internet with purchase interest on Brodo product.
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan kegiatan word of mouth communication untuk mempromosikan produknya. Word of mouth communication merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah promosi guna meningkatkan minat beli pada suatu produk karena word of mouth communication dipercaya sebagai alat promosi yang efektif. Proses penyebaran informasi melalui word of mouth communication dapat meyakinkan para konsumen dikarenakan berdasarkan dari sumber yang mereka percayai, sehingga diharapkan dapat menimbulkan minat beli. Penelitian ini berjudul Hubungan Word of Mouth Communication Melalui Media Internet dengan Minat Beli Pada Produk Brodo. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada Hubungan antara Word of Mouth Communication Melalui Media Internet dengan Minat Beli Pada Produk Brodo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pembicara (talkers), topik (topics),alat (tools) melalui media internet dengan minat beli pada produk Brodo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penggabungan informasi (integration information) menurut Martin Fishbein. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional, yaitu menghubungkan antara dua variabel. Populasi dan sampel pada penelitian ini diambil dari followers yang telah aktif memberikan komentar pada akun instagram @bro.do periode Januari-Mei 2017. Dengan menggunakan correlation sampel size calculator, diperoleh sampel sebanyak 85 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Untuk menghitung koefisien korelasi, dipergunakan rumus Rank Spearman. Hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar rs= 0,662. Dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara word of mouth communication melalui media internet dengan minat beli pada produk Brodo. Hubungan tersebut termasuk ke dalam hubungan yang kuat.