Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Komunikasi Pemasaran Niion untuk Meningkatkan Penjualan

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Pertiwi, Titani Mega
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:40Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:40Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4428
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23992
dc.description Abstract. Fashion Industries in Indonesia are widely expanded, especially the brand that produces a bag with good quality. Due to the expansion fashion industries in Indoensia, it shows the competitive global market to attract consument’s interest with local bag product. Therefore, most of local brand in Indonesia should have a good marketing communication strategies to increase the sale. Niion is one of many local brands Indonesia that focuses on bag from Bandung which should have uniqueness identity in selling the product to attract the consument. The aim of this project is to review and analyze the marketing communication strategies of Niion’s brand, so that can increase the sale of those products. The project is written by using various business terms. For example, STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) are used. The process of being market leader and the reason that Niion uses e-commerce (online business) as the market tool are presented. The result of this project teenagers and young adult who are 15 until 30 years old are the targets market of Niion. Niion wants to be a brand which have a good quality high level or exclussive for the consument. In addition, Marketing communication strategy of Niion is selling promotion in direct and indirect. Niion uses e-commerce as the strategy market because its media is the easier way thats used by teenager and young adult in using social media. Therefore, Niion should have the good way in maintaining the quality of products and service market. In conclusion, this project is made to give the suggestion that Niion should develop and maintain the marketing communication strategy. Abstrak. Perkembangan dunia fashion di Indonesia saat ini terlihat semakin pesat khususnya untuk brand yang memproduksi tas yang berkembang dengan baik, dengan semakin pesatnya perkembangan tersebut tentunya memunculkan persaingan yang ketat untuk menarik hati para konsumen. Untuk menghadapi persaingan tersebut, sebuah local brand harus memiliki strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Niion adalah salah satu local brand Indonesia yang berada di Kota Bandung, harus memiliki identitas khas dan memiliki keunggulan yang membuat konsumen tertarik agar bisa meningkatkan penjualan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Niion, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Berdasarkan hal tersebut dapat penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yang terdapat di dalam sebuah produk atau brand, yakni STP atau sering disebut segmentation, targeting dan positioning, komunikasi pemasaran yang dilakukan Niion, cara agar tetap menjadi market leader dan alasan mengapa Niion menjadikan e-commerce sebagai sarana melakukan pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa segementasi Niion adalah laki-laki dan perempuan dengan target anak remaja hingga orang dewasa yang berumur 15 tahun hingga 30 tahun dan posisi Niion ingin dianggap sebagai barang yang mewah atau exclusive dimata konsumen. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Niion itu ada promosi penjualan, penjualan pribadi dan pemasaran langsung. Niion menggunakan e-commerce sebagai sarana melakukan komunikasi pemasaran karena dinilai lebih mudah untuk mencapai konsumen yang notabene menggunakan media sosial. Agar Niion tetap menjadi market leader, Niion berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen dari mulai produk hingga pelayanan. Agar Niion menjadi kebih baik lagi kedepannya, penulis menyarankan agar Niion semakin mengembangkan strategi komunikasi pemasaran dan terus mempertahankan strategi tersebut agar bisa meningkatkan penjualan.
dc.description Perkembangan dunia fashion di Indonesia saat ini terlihat semakin pesat khususnya untuk brand yang memproduksi tas yang berkembang dengan baik, dengan semakin pesatnya perkembangan tersebut tentunya memunculkan persaingan yang ketat untuk menarik hati para konsumen. Untuk menghadapi persaingan tersebut, sebuah local brand harus memiliki strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Niion adalah salah satu local brand Indonesia yang berada di Kota Bandung, harus memiliki identitas khas dan memiliki keunggulan yang membuat konsumen tertarik agar bisa meningkatkan penjualan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Niion, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Berdasarkan hal tersebut dapat penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yang terdapat di dalam sebuah produk atau brand, yakni STP atau sering disebut segmentation, targeting dan positioning, komunikasi pemasaran yang dilakukan Niion, cara agar tetap menjadi market leader dan alasan mengapa Niion menjadikan e-commerce sebagai sarana melakukan pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa segementasi Niion adalah laki-laki dan perempuan dengan target anak remaja hingga orang dewasa yang berumur 15 tahun hingga 30 tahun dan posisi Niion ingin dianggap sebagai barang yang mewah atau exclusive dimata konsumen. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Niion itu ada promosi penjualan, penjualan pribadi dan pemasaran langsung. Niion menggunakan e-commerce sebagai sarana melakukan komunikasi pemasaran karena dinilai lebih mudah untuk mencapai konsumen yang notabene menggunakan media sosial. Agar Niion tetap menjadi market leader, Niion berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen dari mulai produk hingga pelayanan. Agar Niion menjadi kebih baik lagi kedepannya, penulis menyarankan agar Niion semakin mengembangkan strategi komunikasi pemasaran dan terus mempertahankan strategi tersebut agar bisa meningkatkan penjualan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4428/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 371 - 378
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 371 - 378
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject Strategy, Marketing Communication, E-commerce, Market Leader
dc.subject Prodi Ilmu Manajemen Komunikasi; Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.subject Strategi, Komunikasi Pemasaran, E-commerce, Market Leader
dc.title Strategi Komunikasi Pemasaran Niion untuk Meningkatkan Penjualan
dc.title Strategi Komunikasi Pemasaran Niion untuk Meningkatkan Penjualan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account