Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Kualitas Informasi Aplikasi Tracking JNE terhadap Kepuasan Konsumen

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Restiani, Rima
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2017-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:41Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:41Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/5877
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23996
dc.description The title of this study is “The Effect of Information Quality of Bandung JNE Tracking Application to Customer Satisfaction (A Quantitative Study on the Effect of Quality Information of Bandung JNE Tracking Application to Customer Satisfaction). This study is motivated bye JNE tracking application that facilitate the delivery of goods. The purpose of this study is to determine the effect of information quality of JNE Bandung tracking application to customer satisfaction. This study used media dependency theory developed by Sandra Ball Rokeach and Melvin L. DeFleur this theory states that individual’s belief in the medical is growing when informational needs of individu on certain things cannot be met through direct experience. The methods, quantitative research methods. The data collection technique used is questionnaire and literature study. The researcher used random sampling technique. The sample used is 98 people. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis. Validity test used by the researcher is Spearman rank correlation and reliability used to test the reliability of measuring instruments in this study using Cronbach alpha method. The results of this study show that there is positive and significant correlation between the information quality in the wider community that will also increase customer satisfaction or JNE tracking application users. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Informasi Aplikasi Tracking JNE Bandung terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin mudahnya menggunakan aplikasi tracking JNE. Sehingga mempermudah dalam melakukan pengiriman barang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas informasi aplikasi tracking JNE Bandung terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan teori depedensi media yang dikembangkan oleh Sandra Ball Rokeach dan Melvin L. DeFleur dimana teori ini menyebutkan bahwa kepercayaan individu pada medis berkembang, saat kebutuhan informasional seseorang pada hal tertentu tidak dapat dijumpai melalui pengalaman langsung. Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel random sampling. Sampel yang digunakan adalah 98 orang. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji validitas yang digunakan peneliti yaitu menggunakan korelasi spearman rank dan reliabilitas yang digunakan untuk menguji keandalan alat ukur dalam penelitian ini adalah mengunakan motede cronbach alpha. Hasil penelitian yaitu menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas informasi di dalam masyarakat luas juga akan semakin meningkatkan kepuasan konsumen atau pengguna aplikasi tracking JNE.
dc.description Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Informasi Aplikasi Tracking JNE Bandung terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin mudahnya menggunakan aplikasi tracking JNE. Sehingga mempermudah dalam melakukan pengiriman barang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas informasi aplikasi tracking JNE Bandung terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan teori depedensi media yang dikembangkan oleh Sandra Ball Rokeach dan Melvin L. DeFleur dimana teori ini menyebutkan bahwa kepercayaan individu pada medis berkembang, saat kebutuhan informasional seseorang pada hal tertentu tidak dapat dijumpai melalui pengalaman langsung. Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel random sampling. Sampel yang digunakan adalah 98 orang. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji validitas yang digunakan peneliti yaitu menggunakan korelasi spearman rank dan reliabilitas yang digunakan untuk menguji keandalan alat ukur dalam penelitian ini adalah mengunakan motede cronbach alpha. Hasil penelitian yaitu menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas informasi di dalam masyarakat luas juga akan semakin meningkatkan kepuasan konsumen atau pengguna aplikasi tracking JNE.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/5877/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2017); 126-130
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2017); 126-130
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Tracking Application, Information Quality, Customer Satisfaction
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Aplikasi Tracking, Kualitas Informasi, Kepuasan Konsumen
dc.title Pengaruh Kualitas Informasi Aplikasi Tracking JNE terhadap Kepuasan Konsumen
dc.title Pengaruh Kualitas Informasi Aplikasi Tracking JNE terhadap Kepuasan Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account