Universitas Islam Bandung Repository

The role of Corporate Communications in Building Internal Communications Employees PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Nurwindi, Maya
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:43Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:43Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7358
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24038
dc.description Corporate Comunication is the activity of managing all internal and external communications. Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk is a department that manages all forms of communication activities associated with PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk mainly internal communications. Communication within a company's organization generally has two contexts in communicating that occur within the company that is internal communication and external communication. Corporate internal communication is the process of delivering messages between members of the organization that occur for the benefit of the organization, such as communication between the leadership with staff, between fellow leaders, and among fellow staff. The purpose of this research is to know the department of Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk become the center of message delivery, to know the function of Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk in carrying out its role as a message delivery center, to know Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk in carrying out formal communication, to know how Staff of Corporate Communication Department PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk in overcoming obstacles, as well as to know the way the Staff of Corporate Communication Department PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk in overcoming the pressure. The authors chose qualitative methods because this type of research is more emphasized to explore the meaning of a social phenomenon. So this research can provide in-depth results and data is open. This research method is case study because the focus of his research lies in phenomenon in real life context. Furthermore, this research uses the type of qualitative research because Corporate Communication has not been widely used by the company because most companies use the name Public Relation. From the results of research conducted, the authors obtained the result that Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk more emphasis on internal communications before building external communications company for the resulting image better. But sometimes, in internal communication is still not running well because the employees are still difficult to access CMSite to obtain employment information. So until now, Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk is still trying to build internal communications of its employees. 
dc.description Corporate Comunication adalah kegiatan mengelola semua komunikasi internal dan eksternal. Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk merupakan departemen yang mengelola segala bentuk kegiatan komunikasi yang terkait dengan PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk terutama komunikasi internal. Komunikasi dalam suatu organisasi perusahaan pada umumnya memiliki dua konteks dalam berkomunikasi yang terjadi di dalam perusahaan yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Komunikasi internal perusahaan adalah proses penyampaian pesan antara anggota-anggota organisasi yang terjadi untuk kepentingan organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dengan staff, antara sesama pimpinan, serta antara sesama staff. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui departemen Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk menjadi pusat penyampaian pesan, untuk mengetahui fungsi Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk dalam menjalankan perannya sebagai pusat penyampaian pesan, untuk mengetahui Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk dalam menjalankan komunikasi formal, untuk mengetahui cara Staf Departemen Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk dalam mengatasi hambatan, serta untuk mengetahui cara Staf Departemen Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk dalam mengatasi tekanan. Penulis memilih metode kualitatif karena jenis penelitian ini lebih menekankan untuk menggali makna pada suatu fenomena sosial. Maka penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam serta data bersifat terbuka. Metode penelitian ini adalah studi kasus karena fokus penelitiannya terletak pada fenomena dalam konteks kehidupan nyata. Selanjutnya penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif karena Corporate Communication belum banyak digunakan oleh perusahaan karena sebagian besar perusahaan menggunakan nama Public Relation. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk lebih menekankan pada komunikasi internal sebelum membangun komunikasi ekternal perusahaan agar citra yang dihasilkan lebih baik. Namun terkadang, dalam komunikasi internalnya pun masih belum berjalan dengan baik karena para karyawan masih sulit mengakses CMSite untuk mendapatkan informasi pekerjaan. Sehingga sampai saat ini, Corporate Communication PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk masih mencoba membangun komunikasi internal karyawannya.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7358/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/7358/1274
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 576-581
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 576-581
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Corporate Communication, organizational communication, internal communication.
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Corporate Communication; Komunikasi Organisasi; Komunikasi Internal
dc.title The role of Corporate Communications in Building Internal Communications Employees PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk
dc.title Peran Corporate Communication dalam Membangun Komunikasi Internal Karyawan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account