Universitas Islam Bandung Repository

Kampanye Suporter Sepak Bola Indonesia di Media Sosial

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Firmansyah, Hafidh
dc.creator Karsa, Satya Indra
dc.date 2018-08-08
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:44Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:44Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11870
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24058
dc.description Abstract. The appearance of social media causes the dissemination of information become faster and wider. Social media can also be a medium to  carry out the campaign. One of the campaign on social media is a “peace campaign”, initiated by Persib and Persija’s supporters. This research describes the peace campaign conducted by  @bobotoh_jakmania’s account  on Instagram. That is about how the campaigners, the message, channel selection and campaign audiences. The descriptive method in this study is used to test the problems that occur in conveying the message of peace between Vikings and The Jakmania. The number of samples in this research are 100 respondents which is a followes of @bobotoh_jakmania’s intagram account, who were taken using a systematic random sampling. The resut showed that the peace campaign on @bobotoh_jakmania’s intagram account is accordance with the wishes of audiences. Campaigners can convey messages effectively to audiences through the right media.Keywords: Campaign, Social Media, Bobotoh, The Jakmania, Peace Abstrak. Kehadiran media sosial menyebabkan penyebaran informasi semakin cepat dan luas. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi media untuk melaksanakan kampanye. Salah satunya kampanye perdamaian yang dilakukan suporter sepakbola di Indonesia, yaitu suporter Persib dan Persija. Penelitian ini menjabarkan mengenai kampanye perdamaian yang dilakukan oleh akun @bobotoh_jakmania di media sosial instagram. Yaitu mengenai bagaimana pelaku kampanye, penyampaian pesan, serta pemilihan saluran dan khalayak kampanye. Metode deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah masalah-masalah yang terjadi dalam menyampaikan pesan perdamaian diantara Viking dan The Jakmania, Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden, yaitu followers dari akun @bobotoh_jakmania yang diambil menggunakan teknik systematic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye perdamaian yang dilakukan oleh akun @bobotoh_jakmania ini sesuai dengan yang diinginkan khalayak. Pelaku kampanye dapat menyampaikan pesan dengan efektif kepada khalayak melalui media yang tepat.Kata Kunci : Kampanye, Media Sosial, Bobotoh, The Jakmania, Perdamaian 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11870/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/11870/2488
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 496-501
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 496-501
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kampanye, Media Sosial, Bobotoh, The Jakmania, Perdamaian
dc.title Kampanye Suporter Sepak Bola Indonesia di Media Sosial
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account