Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Store Atmosphere Coffee Toffee Bandung dengan Kepuasan Konsumen

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Fauziah, Asti Fauziah
dc.creator Karsa, Satya Indra
dc.date 2019-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17138
dc.description Abstract. Coffee shops are now very very mushrooming in big cities, especially Bandung as a city in recent years has continued to increase in the number of cafes and restaurants and is experiencing a new culinary trend related to coffee. Competition will certainly be felt, considering that the target market will be the same, those who have ages around 18 years to 35 years. With the same market and certainly having the same characteristics of consumers, coffee shop owners still have to present something unique and different in order to attract consumers' attention. In marketing there are many variables that can be developed in order to support the coffee shop to be ready to fight in the market. One of these variables is store atmosphere, which is a physical character of the store that projects a picture of consumers. The purpose of this study was to find out the relationship between store atmosphere and customer satisfaction at the Coffee Toffee Café, which in the past has been increasingly crowded with consumers. The method used in this study is quantitative with a correlational approach. The research data obtained from questionnaires distributed to visitors of Coffee Toffee Café as many as 100 people were selected by systematic random sampling technique. The results of this study indicate that Store Atmosphere which consists of exterior, general interior, store layout, and interior display elements has a positive and significant relationship with customer satisfaction. Exterior elements have a correlation value of 0.555; general interior elements have a correlation value of 0.650; store layout elements have a correlation value of 0.503; and interior display elements have a correlation value of 0.516. From these results, researchers provide advice for every businessman to be able to create store atmosphere as well as possible, especially in planning elements of the general interior element because these elements will have a strong contribution to customer satisfaction.Keywords: Buying Interest, Corelational, Exterior, General Interior, Interior Display, Store Layout, Store Atmosphere.Abstrak. Coffee shop kini amat sangat teramat menjamur di kota-kota besar, khususnya Bandung sebagai kota yang pada tahun-tahun terakhir ini terus mengalami peningkatan dalam jumlah kafe dan resto serta tengah mengalami trend kuliner baru yang berkaitan dengan kopi. Persaingan tentunya akan semakin terasa, mengingat pasar yang dituju kurang lebih akan sama yakni orang-orang yang memiliki usia sekitar 18 tahun hingga 35 tahun. Dengan pasar yang sama dan pastinya memiliki karakteristik konsumen yang sama, pemilik kedai kopi tetap harus menghadirkan sesuatu yang unik dan berbeda agar dapat menarik perhatian konsumen. Dalam pemasaran terdapat banyak variable yang dapat dikembangkan agar dapat menunjang kedai kopi untuk siap bertarung dipasaran. Satu di antara variable-variabel tersebut adalah store atmosphere yang merupakan karakter fisik toko yang memproyeksikan sebuah gambaran mengenai konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara store atmosphere dengan kepuasan konsumen di Coffee Toffee Café yang dalam waktu terkahir ini semakin ramai dikunjungi oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan pada pengunjung Coffee Toffee Café sebanyak 100 orang yang dipilih dengan teknik systematic random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Store Atmosphere yang terdiri dari elemen exterior, general interior, store layout, dan display interior memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kepuasan konsumen. Elemen exterior memiliki nilai korelasi sebesar 0,555; elemen general interior memiliki nilai korelasi sebesar 0,650; elemen store layout memiliki nilai korelasi sebesar 0,503; dan elemen display interior memiliki nilai korelasi sebesar 0,516. Dari hasil tersebut peneliti memberikan saran untuk setiap pelaku bisnis agar dapat menciptakan store atmosphere dengan sebaik-baiknya terutama dalam perencanaan unsur-unsur dari elemen general interior sebab elemen tersebut akan memiliki kontribusi yang kuat pada kepuasan konsumen.Kata Kunci: Exterior, General Interior, Interior Display, Korelasional, Minat Beli, Store Layout, Store Atmosphere
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17138/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 487-495
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 487-495
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Exterior, General Interior, Interior Display, Korelasional, Minat Beli, Store Layout, Store Atmosphere
dc.title Hubungan antara Store Atmosphere Coffee Toffee Bandung dengan Kepuasan Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account