Universitas Islam Bandung Repository

The Utilization of New Media in the Marketing of Go-Jek Indonesia Services

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Triyandra, Fiqhi
dc.creator Ratnasari, Anne
dc.date 2016-02-19
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:44Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:44Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/2738
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24064
dc.description Modern marketing requires interactive and continuous communication with customers. The presence of new media as a product of the progress of the development of information and communication technology can facilitate marketers in today's digital age. Therefore, this study aimed to examine the use of new media in marketing services by GO-JEK Indonesia through social media and mobile applications. This study used a qualitative method with case study approach. The research collected process and analyze the use of new media in marketing services GO-JEK Indonesia. Analysis techniques include interviews, observation, and literature study. Interviews were conducted with GO-JEK Indonesia and consumers. The results of this study indicate that social media marketing is used as a communication medium by GO-JEK Indonesia because social media is most effective marketing channel in today's digital age. Social media is used as a medium for promotion, information, socialization, and engagement to the customer. Then, to strengthen the image as a motorcycle online, GO-JEK launched a mobile application to facilitate customers.
dc.description Pemasaran modern membutuhkan sebuah komunikasi interaktif dan berkesinambungan dengan pelanggan. Kehadiran new media sebagai produk dari kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat memfasilitasi pemasar dalam kegiatan pemasarannya pada era digital seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan new media dalam kegiatan pemasaran jasa oleh GO-JEK Indonesia melalui media sosial dan aplikasi mobile.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis mengenai pemanfaatan new media dalam kegiatan pemasaran jasa GO-JEK Indonesia dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang berkaitan dengan penelitian, yaitu pihak GO-JEK Indonesia dan konsumennyaDari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa media sosial dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran oleh GO-JEK Indonesia karena media sosial merupakan channel marketing yang paling efektif pada era digital seperti saat sekarang ini. Media sosial tersebut digunakan oleh GO-JEK Indonesia sebagai media promosi, informasi, sosialiasai dan engagement kepada pelanggan. Kemudian, untuk menguatkan image sebagai ojek online, GO-JEK meluncurkan aplikasi mobile agar memudahkan pelanggan untuk menggunakan jasanya. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/2738/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/2738/393
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2016); 77-82
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2016); 77-82
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject New media, social media, mobile applications, services marketing, Go-Jek
dc.subject Ilmu Komunikasi ( Manajemen Komunikasi )
dc.subject New media, social media, aplikasi mobile, pemasaran jasa, go-jek
dc.title The Utilization of New Media in the Marketing of Go-Jek Indonesia Services
dc.title Pemanfaatan New Media dalam Pemasaran Jasa Go-Jek Indonesia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account