Universitas Islam Bandung Repository

Relation of Isyana Sarasvati’s Credibility as Brand Ambassador and Tokopedia’s Brand image

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Wiraputri, Wina
dc.creator Nurhastuti, Nurhastuti
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:45Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:45Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7204
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24066
dc.description With the competition between each other, in companies in the field of e-commerce is required to be more creative in finding his ideas in marketing or convey a message to prospective buyers, in order to compete in meeting the needs of the market that is being prospective buyers. In addition to seeing how the form of marketing, prospective buyers also see the quality and price offered on each product or service. For example Tokopedia, an e-commerce company that in marketing to prospective buyers using the help of brand ambassador that has been widely known to the public Isyana Sarasvati is a talented singer and songwriter, and can be said far from negative news and have a good image. Brand ambassador is then a perpetrator between the prospective buyer with the company, because the prospective buyer of course more trust in a public figure or public influencer using the services of companies that marketed. The purpose of this study is to know the relationship between expertise (expertness), attraction (attractiveness), and power (power) Isyana Sarasvati as brand ambassador with Tokopedia brand image among Unik Fikom Unisba students 2013. The method used in this research is quantitative method With correlational Approach Data research results research questionnaires are disseminated among Unikba Fikom Students Class of 2013 who pass the statistics with the application SPSS 20.0 and literature study. As the result of this study between expertise or X1 with brand image or Y of 0.825 is between the Guilford Criteria> 0.70 - 0.90 which shows a strong relationship. Then the attraction relationship (X2) with Brand image or Y of 0.850 is between the Guildford Criteria> 0.70 - 0.90 indicating a strong relationship. Then the power or X3 relationship with brand image or Y of 0.873 lies between the Guildford Criteria> 0.70 - 0.90 which shows a strong relationship.
dc.description Dengan adanya persaingan antara satu sama lain, pada perusahaan-perusahaan di bidang e-commerce dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari ide-idenya dalam melakukan pemasaran atau menyampaikan pesan kepada calon pembelinya, agar dapat bersaing dalam memenuhi kebutuhan pasar yang berpotensi sebagai calon pembelinya. Selain melihat bagaimana bentuk pemasarannya, para calon pembeli juga melihat kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap produk barang atau jasanya. Contohnya Tokopedia, merupakan perusahaan e-commerce yang dalam melakukan pemasaran kepada calon pembelinya menggunakan bantuan brand ambassador yang telah banyak dikenal masyarakat luas yaitu Isyana Sarasvati yang merupakan penyanyi dan penulis lagu berbakat, dan dapat dikatakan jauh dari pemberitaan negatif dan memiliki citra yang baik. Brand ambassador ini kemudian menjadi perantara antara calon pembeli dengan perusahaan, karena calon pembeli tentunya lebih percaya pada seorang public figure atau public influencer yang menggunakan jasa perusahaan yang dipasarkannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keahlian (expertness), atraksi (attractiveness), dan kekuasaan (power) Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador dengan brand image Tokopedia di kalangan Mahasiswa Fikom Unisba Angkatan 2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian didapatkan dari kuesioner penelitian yang disebarkan di kalangan Mahasiswa Fikom Unisba Angkatan 2013 yang diuji statistik dengan aplikasi SPSS 20.0 dan studi kepustakaan.Adapun hasil dari penelitian ini adalah antara keahlian (expertness) atau X1 dengan brand image atau Y sebesar 0,825 berada di antara Kriteria Guilford > 0.70 - 0.90 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat. Lalu hubungan atraksi (attractiveness) atau X2 dengan Brand image atau Y sebesar 0,850 berada di antara Kriteria Guildford > 0.70 - 0.90 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat. Kemudian hubungan kekuasaan (power) atau X3 dengan brand image atau Y sebesar 0,873 berada di antara Kriteria Guildford > 0.70 - 0.90 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7204/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 462-468
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 462-468
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Credibility, Brand Ambassador, Brand Image, Tokopedia.
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kredibilitas, Brand ambassador, Brand image, Tokopedia.
dc.title Relation of Isyana Sarasvati’s Credibility as Brand Ambassador and Tokopedia’s Brand image
dc.title Hubungan antara Kredibilitas Isyana Sarasvati sebagai Brand ambassador dengan Brand image Tokopedia
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account