Universitas Islam Bandung Repository

Komunikasi Antarpribadi Personal Banker dengan Nasabah dalam Membangun Minat Berdeposito

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor Bank BTPN Sinaya Sukajadi
dc.creator Hardiana, Aldi
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:45Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:45Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4098
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24068
dc.description Abstract. Banking as one of the financial institutions that have a strategic value in the economy of a country. The institutions became a intermediaries between peoples have more funds (surplus of funds) with those people need funding (lack of funds). It has become a phenomenon in the banking world where there is competition between banks to encourage customers to cooperate. By offering a variety of benefits and advantages to give a gift that customers want to cooperate with the bank. However, it becomes an obligation for a Personal Banker having to achieve the target set by the bank. The purpose of this research was to find the correlation of openness, empathy, positivity, equality, and support of Personal Banker in doing inter-personal communication with customers in building interest of deposit. In this research, the variable X namely Interpersonal Communication consists of openness, empathy, positivity, equality, and support variable Y is interest of deposit. The research method used is quantitative with correlational approach, with a sample of 80 people, who are customers of Bank BTPN Sinaya Sukajadi. Data analysis techniques and test hypotheses used are Spearman rank. The result of research showed that the variables X, openness, empathy, positivity, equality, and support Personal Banker with customers has a positive and significant in building interest of deposit in Bank BTPN Sinaya Sukajadi. Abstrak. Perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan yang mempunyai nilai strategis dalam perekonomian suatu negara. Lembaga tersebut menjadi sebuah perantara pihak yang memiliki dana lebih (surplus of funds) dengan pihak yang kekurangan dan memerlukan dana (lack of funds). Sudah menjadi fenomena di dunia perbankan di mana terjadi persaingan antar bank untuk mengajak nasabah untuk bekerja sama. Dengan menawarkan berbagai kelebihan keuntungan dan sampai memberikan hadiah agar nasabah mau bekerja sama dengan bank tersebut. Namun, itu menjadi sebuah kewajiban bagi seorang Personal Banker karena harus mencapai target yang ditetapkan oleh bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dukungan Personal Banker dalam melakukan komunikasi antarpribadi dengan nasabah dalam membangun minat berdeposito. Dalam penelitian ini, variabel X yaitu Komunikasi Antarpribadi yang terdiri dari keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dan dukungan variabel Y yaitu minat berdeposito. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan sampel yang berjumlah 80 orang, yang merupakan nasabah Bank BTPN Sinaya Sukajadi. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu rank spearman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel X, keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dan dukungan Personal Banker dengan nasabah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam membangun minat berdeposito di Bank BTPN Sinaya Sukajadi.
dc.description Perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan yang mempunyai nilai strategis dalam perekonomian suatu negara. Lembaga tersebut menjadi sebuah perantara pihak yang memiliki dana lebih (surplus of funds) dengan pihak yang kekurangan dan memerlukan dana (lack of funds). Sudah menjadi fenomena di dunia perbankan di mana terjadi persaingan antar bank untuk mengajak nasabah untuk bekerja sama. Dengan menawarkan berbagai kelebihan keuntungan dan sampai memberikan hadiah agar nasabah mau bekerja sama dengan bank tersebut. Namun, itu menjadi sebuah kewajiban bagi seorang Personal Banker karena harus mencapai target yang ditetapkan oleh bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dukungan Personal Banker dalam melakukan komunikasi antarpribadi dengan nasabah dalam membangun minat berdeposito. Dalam penelitian ini, variabel X yaitu Komunikasi Antarpribadi yang terdiri dari keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dan dukungan variabel Y yaitu minat berdeposito. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan sampel yang berjumlah 80 orang, yang merupakan nasabah Bank BTPN Sinaya Sukajadi. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu rank spearman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel X, keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dan dukungan Personal Banker dengan nasabah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam membangun minat berdeposito di Bank BTPN Sinaya Sukajadi.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4098/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 280 - 286
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 280 - 286
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject Interpersonal Communication, Personal Banker, Interest of Deposit
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikasi Antarpribadi, Personal Banker, Deposito
dc.title Komunikasi Antarpribadi Personal Banker dengan Nasabah dalam Membangun Minat Berdeposito
dc.title Komunikasi Antarpribadi Personal Banker dengan Nasabah dalam Membangun Minat Berdeposito
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kuantitatif dan Korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account