Universitas Islam Bandung Repository

Kesenian Gagak Layang Sebagai Media Promosi Pariwisata Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator P, M Padli Putra
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2017-01-26
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:45Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:45Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/6247
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24076
dc.description Arts and culture is the identity that becomes a products and unique for some area. The characteristics of this art can be used by the Government as media promotion of tourism. This promotion process should be implemented with strategies and programs that are mature and effective. This research aims to; 1) find out the program and strategy of Bandung City promoting tourism through the medium of Gagak Layang Arts; 2) knowing the appeal and uniqueness of the gagak layang arts; 3) know the obstacles that exist in Bandung city promoting tourism; 4) knowing the reasons gagak layang arts uses for media tourism promotion of Bandung city. This research was carried out at Dapur Seni dan Budaya Bandung City. This is a qualitative research method with approach case studies. Major research informants is the Chairman of Dapur Seni dan Budaya, supporting the informant was an observer and artist and the community of Bandung city. Data collection is done with the interview, observation, and documentation. The data analysis done through the stages of data organization, grouping data, test assumptions or problems, the search for alternative explanations of the data, and the writing of research results. An examination of the validity of the data is done by triangulation of data triangulation triangulation method, and theory. The results of this study concluded that; 1) tourism promotion Activities carried out through the participation of the gagak layang arts on potential events and through social media strategies and programs supported by the SAE, 3T + 3L;2) crows flying because it includes the kind of art that displays some kind of artistry in one packaging art and innovation is done by changing gagak layang became Angry Bird Bandung; 3) obstacles that occur in the process of tourism promotion is the change of leadership in related sections so often there is a change of policies, regulations, and existing plans; 4) Uniqueness, attraction, positive response and the development of the arts of the gagak layang art made this art won be media tourism promotion of Bandung city. Kesenian dan kebudayaan merupakan identitas yang menjadi produk unggulan dan unik bagi suatu daerah. Karakteristik kesenian ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai media promosi pariwisata. Proses promosi ini harus dilaksanakan dengan strategi dan program yang matang dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui program strategi promosi pariwisata Kota Bandung melalui media kesenian gagak layang; 2) mengetahui daya tarik dan keunikan dari kesenian gagak layang; 3) mengetahui hambatan yang ada dalam mempromosikan pariwisata Kota Bandung; 4) mengetahui alasan pemilihan kesenian gagak layang sebagai media promosi pariwisata Kota Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di Dapur Seni dan Budaya Kota Bandung. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian utama adalah ketua Dapur Seni dan Budaya, informan pendukung adalah pemerhati dan penggiat seni serta masyarakat Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap organisasi data, pengelompokan data, pengujian asumsi atau permasalahan, pencarian alternatif penjelasan data, dan penulisan hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) Kegiatan promosi pariwisata dilakukan melalui keikutsertaan kesenian gagak layang pada event-event potensial dan melalui media sosial yang didukung oleh strategi dan program SAE, 3T+3L; 2) Daya tarik kesenian gagak layang karena termasuk jenis kesenian yang menampilkan beberapa jenis kesenian dalam satu kemasan kesenian dan inovasi yang dilakukan dengan mengubah gagak layang menjadi Angry Bird Bandung; 3) Hambatan yang terjadi dalam proses promosi pariwisata adalah perubahan kepemimpinan di bagian-bagian terkait sehingga sering kali terjadi perubahan kebijakan, peraturan, dan rencana yang ada; 4) Keunikan, daya tarik, respon positif dan pengembangan kesenian dari kesenian gagak layang menjadikan kesenian ini didapuk menjadi media promosi pariwisata Kota Bandung.
dc.description Kesenian dan kebudayaan merupakan identitas yang menjadi produk unggulan dan unik bagi suatu daerah. Karakteristik kesenian ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai media promosi pariwisata. Proses promosi ini harus dilaksanakan dengan strategi dan program yang matang dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui program strategi promosi pariwisata Kota Bandung melalui media kesenian gagak layang; 2) mengetahui daya tarik dan keunikan dari kesenian gagak layang; 3) mengetahui hambatan yang ada dalam mempromosikan pariwisata Kota Bandung; 4) mengetahui alasan pemilihan kesenian gagak layang sebagai media promosi pariwisata Kota Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di Dapur Seni dan Budaya Kota Bandung. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian utama adalah ketua Dapur Seni dan Budaya, informan pendukung adalah pemerhati dan penggiat seni serta masyarakat Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap organisasi data, pengelompokan data, pengujian asumsi atau permasalahan, pencarian alternatif penjelasan data, dan penulisan hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) Kegiatan promosi pariwisata dilakukan melalui keikutsertaan kesenian gagak layang pada event-event potensial dan melalui media sosial yang didukung oleh strategi dan program SAE, 3T+3L; 2) Daya tarik kesenian gagak layang karena termasuk jenis kesenian yang menampilkan beberapa jenis kesenian dalam satu kemasan kesenian dan inovasi yang dilakukan dengan mengubah gagak layang menjadi Angry Bird Bandung; 3) Hambatan yang terjadi dalam proses promosi pariwisata adalah perubahan kepemimpinan di bagian-bagian terkait sehingga sering kali terjadi perubahan kebijakan, peraturan, dan rencana yang ada; 4) Keunikan, daya tarik, respon positif dan pengembangan kesenian dari kesenian gagak layang menjadikan kesenian ini didapuk menjadi media promosi pariwisata Kota Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/6247/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2017); 238-244
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2017); 238-244
dc.source 2460-6537
dc.subject ILMU KOMUNIKASI, KOMUNIKASI PEMASARAN
dc.subject Tourism Promotion, Gagak Layang Art, and DapSenBud
dc.subject ILMU KOMUNIKASI, KOMUNIKASI PEMASARAN
dc.subject Promosi Pariwisata, Kesenian Gagak Layang, dan DapSenBud
dc.title Kesenian Gagak Layang Sebagai Media Promosi Pariwisata Kota Bandung
dc.title Kesenian Gagak Layang Sebagai Media Promosi Pariwisata Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account