Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Kartini, Kartini
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2018-08-02
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:48Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:48Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11036
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24087
dc.description
dc.description Abstract. The development of new media is something that can’t be ignored in the future, it will continue to grow and produce new platforms from various media. Moreover, social media has become the platforms of the distribution of the creations from the youth, such as photography, poetry, videography, and comic. Earlier in Indonesia, the distribution of creations through comics is very less, it changes until the emergence of LINE Webtoon that makes people can read local and international comics from various webtoons there are available in the LINE Webtoon. SEKOTENGS (sekumpulan koass gantengs) is one of the webtoon that went famous, because the content of the webtoon featured health information in a fun and entertaining way. The purpose of this study is to examine and analyze the relationship between webtoon media users: SEKOTENGS which consists of media content, media exposure and social context with the fulfillment of health information. This research used quantitative research method with correlational approach that use stimulus-response theory and uses and gratification theory, to know whether this webtoon can provided health information for readers. The population of this study is the followers of Instagram account: @sekotengs. Based on the results of the research that has been done, found that there is a significant relationship between the use of Webtoon: SEKOTENGS with the fulfillment of health information. 0,803 is the result that came out from the pearson product moment test of this study, which mean there is positive relation with very strong relationship level between webtoon media: SEKOTENGS with fulfillment of health information, Subsequently relations between sub variable namely media content, media exposure and social context also have the relations with fulfillment of health information. From these three sub variables, that have the highest correlation value is the correlation value of the media content of 0.765.Keywords: Stimulus-response theory, uses and gratification theory, webtoon SEKOTENGS, fulfillment of information. Abstrak. Perkembangan new media adalah suatu hal yang tidak dapat di elakkan, hal ini akan terus berkembang dan menghasilkan platform-platform baru untuk berbagai hal. Kemudian media sosial sudah menjadi ajang penyaluran karya-karya anak bangsa, banyak karya seni yang dapat tercurahkan mulai dari hasil karya fotografi, puisi, videografi, sampai ke pada komik. sebelumnya di Indonesia penyaluran karya melalui komik memang sangat kurang. Sampai dengan munculnya LINE Webtoon yang membuat masyarakat dapat membaca komik lokal maupun internasional. Dari berbagai webtoon yang ada, salah satu webtoon yang menjadi perhatian adalah SEKOTENGS (sekumpulan koass gantengs) yang menampilkan informasi kesehatan dengan caranya yang menarik dan menghibur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis hubungan antara penggunaan media webtoon: SEKOTENGS yang terdiri dari isi media, terpaan media dan konteks sosial dengan pemenuhan informasi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang menggunakan teori stimulus-respon dan teori uses and gratification, untuk mengetahui apakah webtoon ini dapat memberikan informasi kesehatan bagi pembacanya. Populasinya-pun adalah follower Instagram @sekotengs. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkankan bahwa ada hubungan secara signifikan antara penggunaan media Webtoon: SEKOTENGS dengan pemenuhan informasi kesehatan. Dari hasil uji pearson product moment didapatkan hasil sebesar 0,803, yang artinya terdapat hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat kuat antara media webtoon: SEKOTENGS dengan pemenuhan informasi kesehatan, kemudian hubungan antara sub variabel nya yaitu isi media, terpaan media dan konteks sosial memiliki hubungan dengan pemenuhan informasi kesehatan. Dari ketiga sub variabel ini, yang memiliki nilai korelasi tertinggi adalah nilai korelasi dari isi media yaitu sebesar 0,765.Kata Kunci: Stimulus-response theory, uses and gratification theory, webtoon SEKOTENGS, pemenuhan informasi. 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11036/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 385-392
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 385-392
dc.source 2460-6537
dc.subject
dc.subject
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Stimulus-response theory, uses and gratification theory, webtoon SEKOTENGS, pemenuhan informasi.
dc.title
dc.title Hubungan antara Penggunaan Media Webtoon: SEKOTENGS (Sekumpulan Koass Gantengs) dengan Pemenuhan Informasi Kesehatan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [553]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account