Universitas Islam Bandung Repository

Peran Label Indie dalam Promosi Melalui Media Sosial

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor Universitas Islam Bandung
dc.creator Nurnia, Maharani Fitri Lestari
dc.creator Rinawati, Rini
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:48Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:48Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4932
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24088
dc.description Abstract. In today's digital era, social media is a new way to carry out promotional activities for promoting products. Product promotion becomes easier using social media such as Facebook, Twittter, instagram, youtube, website, whatsapp, line@ and blackberry messenger. Fast Forward Records is one of the renowned independent record label company in Bandung, Indonesia that use social media for promotional activities. The aim of this study was to determine ways of promotion have done by Fast Forward Records in promoting release of Mocca albums through social media. We analyze several things: the effect of the campaign for the markets, social media preferences background, as well as the role of the fans in promoting albums Mocca through social media. The method used in this study is a qualitative research method with case study. Data obtained through direct interviews with the staff of the division Marketing and Promotion of Fast Forward Records, one of the personnel of the band Mocca, and two fans of the band Mocca who join the Mocca fansclub, Swinging Friends. In addition, data retrieval was conducted through library research, observation, and internet searching. The results showed that promotional activities by Fast Forward Records through social media was done by advertising, public relations and publicity, direct marketing, and personal selling approach by Fast Forward Records through social media. The effects of promotion by Fast Forward Records is to inform, persuade, and remind consumers to their products. The reason of using social media as main media promotion by Fast Forward Records is the economic factor and interaction factor. Also, the role of the Mocca’s fans helped publicity to the audience. Abstrak. Di era digital saat ini, media sosial merupakan sarana baru untuk melakukan kegiatan promosi bagi perusahaan tertentu. Kegiatan untuk mempromosikan produk menjadi lebih mudah, diantaranya menggunakan media sosial seperti facebook, twittter, instagram, youtube, website, whatsapp, line@ dan blackberry messenger. Fast Forward Records adalah salah satu perusahaan label rekaman independen ternama di Indonesia yang berlokasi di kota Bandung yang menggunakan media sosial untuk kegiatan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records dalam mempromosikan rilisan album-album Mocca melalui media sosial. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yaitu, efek dari promosi yang dilakukan terhadap konsumen, latar belakang pemilihan media sosial dalam berpromosi, serta peran para penggemar dalam mempromosikan album-album Mocca melalui media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan staff divisi Marketing dan Promosi dari Fast Forward Records, salah satu personil dari band Mocca, dan dua orang penggemar dari band Mocca yang tergabung dalam fansclub Swinging Friends. Selain itu data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, dan internet searching. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records melalui media sosial diantaranya adalah advertising, public relations and publicity, direct marketing serta personal selling dari Fast Forward Records melalui media sosial. Efek promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records sesuai dengan tujuan dari promosi yaitu menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen pada produknya. Latar belakang pemilihan media sosial sebagai sarana untuk berpromosi oleh Fast Forward Records adalah faktor ekonomis, faktor tempat serta faktor interaksi. Serta peran para penggemar band Mocca dalam melakukan kegiatan publisitas guna menyebarluaskan album-album dari band Mocca kepada khalayak.
dc.description Di era digital saat ini, media sosial merupakan sarana baru untuk melakukan kegiatan promosi bagi perusahaan tertentu. Kegiatan untuk mempromosikan produk menjadi lebih mudah, diantaranya menggunakan media sosial seperti facebook, twittter, instagram, youtube, website, whatsapp, line@ dan blackberry messenger. Fast Forward Records adalah salah satu perusahaan label rekaman independen ternama di Indonesia yang berlokasi di kota Bandung yang menggunakan media sosial untuk kegiatan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records dalam mempromosikan rilisan album-album Mocca melalui media sosial. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yaitu, efek dari promosi yang dilakukan terhadap konsumen, latar belakang pemilihan media sosial dalam berpromosi, serta peran para penggemar dalam mempromosikan album-album Mocca melalui media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan staff divisi Marketing dan Promosi dari Fast Forward Records, salah satu personil dari band Mocca, dan dua orang penggemar dari band Mocca yang tergabung dalam fansclub Swinging Friends. Selain itu data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, dan internet searching. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records melalui media sosial diantaranya adalah advertising, public relations and publicity, direct marketing serta personal selling dari Fast Forward Records melalui media sosial. Efek promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records sesuai dengan tujuan dari promosi yaitu menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen pada produknya. Latar belakang pemilihan media sosial sebagai sarana untuk berpromosi oleh Fast Forward Records adalah faktor ekonomis, faktor tempat serta faktor interaksi. Serta peran para penggemar band Mocca dalam melakukan kegiatan publisitas guna menyebarluaskan album-album dari band Mocca kepada khalayak.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4932/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 435 - 440
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 435 - 440
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject Fast Forward Records, Promotional Mix, Social Media Promotion
dc.subject Prodi Ilmu Manajemen Komunikasi; Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.subject Fast Forward Records, Bauran Promosi, Promosi Melalui Media Sosial
dc.title Peran Label Indie dalam Promosi Melalui Media Sosial
dc.title Peran Label Indie dalam Promosi Melalui Media Sosial
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif, Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account