Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kualitas Pelayanan Kopi Balada dengan Keputusan Pembelian

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Maisaroh, Addiny
dc.creator Ratnasari, Anna
dc.date 2019-08-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17190
dc.description Abstract. Kopi Balada is a coffee shop that was once just a small coffee shop in the city of Bandung. Over time, the owner of Kopi Balada changed his strategy by moving to a bigger place and improving the quality of service in the hope that it could be more attractive to the eyes of consumers and could encourage consumer purchasing decisions. The strategy run by Kopi Balada is still not certain to have worked well to encourage consumers to buy Kopi Balada products. Based on this phenomenon, this study aims to determine whether or not there is a relationship between service quality consisting of dimensions of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy provided by Kopi Balada with consumer purchasing decisions. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The research data was obtained from a questionnaire distributed to 91 consumers of Kopi Balada. The data collected was analyzed using the Statistical Package for Social Sciences (SPSS) program 25.0 for Windows. The results of this study indicate that service quality consisting of dimensions of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy provided by Kopi Balada has a positive and significant relationship with consumer purchasing decisions. The relationship between these variables belongs to a fairly strong relationship.Keywords: Corelational, Purchase Decision, Quality Service Abstrak. Kopi Balada merupakan kedai kopi yang dulunya hanyalah kedai kopi kecil di kota Bandung. Seiring berjalannya waktu pemilik Kopi Balada mengubah strateginya dengan berpindah ke tempat yang lebih besar dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan harapan dapat lebih menarik dimata konsumen dan dapat mendorong keputusan pembelian konsumen. Strategi yang dijalankan oleh Kopi Balada ini masih belum dapat dipastikan telah bekerja dengan baik untuk mendorong keinginan konsumen untuk membeli produk Kopi Balada. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang diberikan oleh Kopi Balada dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan kepada 91 orang konsumen Kopi Balada. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang diberikan oleh Kopi Balada memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian konsumen. Hubungan diantara variabel-variabel tersebut tergolong pada hubungan yang cukup kuat.Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Korelasional
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17190/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 525-532
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 525-532
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Korelasional
dc.title Hubungan antara Kualitas Pelayanan Kopi Balada dengan Keputusan Pembelian
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account