Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Iklan Pop Up terhadap Sikap Konsumen di YouTube

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Hapsari, Ayushandra Putri
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2019-08-07
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16995
dc.description Abstract. There are various ways that producers have done to attract consumers attention, one of which is to intensively carry out promotions through advertisements. Advertising is a complex form of communication that operates to pursue goals and uses strategies to influence consumers thoughts, feelings, and actions. In this case the most popular site used to advertise is YouTube. Youtube can be categorized as marketing in new media because it can reach millions of people but also can still be used to pursue the target market. The well-known website to date is Youtube, which is headquartered in California that has advertisements on every video on the YouTube user channel. In this study examined the Youtube channel Edho Zell and the respondents is members of the EL Fams Family community which has the active subscriber of YouTube channel Edho Zell. This study seeks to explain the effect of pop up advertising on the attitudes of consumers belonging to the EL Fams family community. More clearly how much influence the pop up ads consist of frequency, duration and intensity of consumer attitudes on YouTube. The theory used to support the variable (X) pop up advertisement is the theory of Advertising Exposure, while the variable (Y) uses only three indicators including informative, entertainment and irritation. The quantitative method with a correlational approach is used in this study to test whether there is an influence of pop up advertising on consumer attitudes. The results of the study show that (1) the frequency of pop up advertisements on Youtube does not have a positive and significant effect on the attitudes of members of the EL Fams Family community (2) The duration of pop up ads on Youtube does not have a positive and significant effect on the attitudes of EL Fams Family members (3) Intensity Pop up ads on Youtube have a positive and significant effect on the attitudes of members of the EL Fams Family communityKeywords: Advertisements, New Media, Pop Up Ads, Consumer Attitudes, YoutubeAbstrak. Terdapat berbagai cara yang telah dilakukan produsen untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya adalah dengan gencar melakukan promosi melalui iklan. Iklan adalah bentuk komunikasi yang kompleks yang beroperasi untuk mengejar tujuan dan menggunakan strategi untuk memengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan konsumen. Dalam hal ini situs yang paling populer digunakan untuk beriklan adalah YouTube. Youtube dapat dikategorikan sebagai pemasaran dalam new media dikarenakan bisa menjangkau jutaan orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasar. Situs web terkenal hingga saat ini adalah Youtube, yang berkantor pusat di California memiliki iklan pada setiap video di channel para pengguna YouTube. Dalam penelitian ini meneliti di channel Youtube Edho Zell dan kepada respondennya adalah anggota komunitas Keluarga EL Fams yang merupakan subscriber aktif channel YouTube Edho Zell. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh iklan pop up terhadap sikap konsumen anggota komunitas keluarga EL Fams. Lebih jelasnya seberapa besar pengaruh iklan pop up yang terdiri dari frekuensi, durasi dan intensitas terhadap sikap konsumen di YouTube. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) iklan pop up yaitu teori Advertising Exposure (Terpaan Iklan), sedangkan variabel (Y) menggunakan hanya tiga indikator saja meliputi informatif, hiburan dan iritasi. Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya pengaruh iklan pop up terhadap sikap konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bajwa (1)Frekuensi iklan pop up di Youtube tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap anggota komunitas Keluarga EL Fams (2) Durasi iklan pop up di Youtube tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap anggota komunitas Keluarga EL Fams (3) Intensitas iklan pop up di Youtube berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap anggota komunitas Keluarga EL FamsKata Kunci: Iklan, New Media, Iklan Pop Up, Sikap Konsumen, Youtube
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/16995/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 438-443
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 438-443
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Iklan, New Media, Iklan Pop Up, Sikap Konsumen, Youtube
dc.title Pengaruh Iklan Pop Up terhadap Sikap Konsumen di YouTube
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account