Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Travel Vlog terhadap Minat Berwisata

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Shahniaz, Rheina
dc.creator Zulfebriges, Zulfebriges
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:49Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13046
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24113
dc.description Abstract. The "travel vlog" videos on Youtube at this time greatly affect the community as it become a reference to choose vacation destination. One of the "travel vlog" video on Youtube is Arief Muhammad's Travel Vlog. He is a vlogger on Youtube that has up to 100 travel vlog videos. A travel vlog can provide information about tourist destination. It can also increases its audience traveling interest depends on intensity of watching the video. The purpose of this study is to examine the influence of intensity of watching Arief Muhammad's travel vlog to travelling interest. We conducted quantitative study with regression analysis method. We used questionnaire to ask questions in this study. Respondents from this research are students from Faculty of Communication Universitas Islam Bandung batch 2014. The theory used in this study is Uses and Effect Theory which explains that mass media has different effect on each individual. The results showed that the intensity of watching Arief Muhammad’s travel vlog had positive effect to travelling interest. The frequency of watching, duration of watching, watching attention, and content understanding Arief Muhammad’s Travel Vlog gave a significant effect to travelling interest among Faculty of Communication Universitas Islam Bandung batch 2014 students.Keywords: Influence, Travel Vlog, Interest Traveling Abstrak. Tayangan “travel vlog” di Youtube pada saat ini sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam referensi masyarakat untuk memilih destinasi mereka dalam berlibur. Salah satu tayangan “travel vlog” di Youtube adalah Travel Vlog Arief Muhammad. Ia adalah seorang vlogger di Youtube yang salah satunya memuat konten “travel vlog” yang memiliki hingga 100 video. Tayangan “travel vlog” ini dapat memberikan informasi ataupun pengetahuan mengenai suatu tempat wisata. Dengan adanya tayangan “travel vlog” di Youtube, tentunya minat berwisata dari penontonnya semakin bertambah ketika intensitas menonton “travel vlog” semakin sering dan semakin tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas menonton tayangan “travel vlog” Arief Muhammad terhadap minat berwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fikom Unisba 2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Effect yang menjelaskan bahwa penggunaan media memiliki efek terhadap suatu individu. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensitas menonton tayangan “travel vlog” Arief Muhammad memberikan pengaruh besar terhadap minat berwisata. Khususnya pada frekuensi menonton, durasi menonton, perhatian menonton dan pemahaman isi tayangan “travel vlog” Arief Muhammad memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat berwisata di di kalangan mahasiswa Fikom Unisba 2014.Kata Kunci: Pengaruh, Travel Vlog, Minat Berwisata
dc.description Abstract. The "travel vlog" videos on Youtube at this time greatly affect the community as it become a reference to choose vacation destination. One of the "travel vlog" video on Youtube is Arief Muhammad's Travel Vlog. He is a vlogger on Youtube that has up to 100 travel vlog videos. A travel vlog can provide information about tourist destination. It can also increases its audience traveling interest depends on intensity of watching the video. The purpose of this study is to examine the influence of intensity of watching Arief Muhammad's travel vlog to travelling interest. We conducted quantitative study with regression analysis method. We used questionnaire to ask questions in this study. Respondents from this research are students from Faculty of Communication Universitas Islam Bandung batch 2014. The theory used in this study is Uses and Effect Theory which explains that mass media has different effect on each individual. The results showed that the intensity of watching Arief Muhammad’s travel vlog had positive effect to travelling interest. The frequency of watching, duration of watching, watching attention, and content understanding Arief Muhammad’s Travel Vlog gave a significant effect to travelling interest among Faculty of Communication Universitas Islam Bandung batch 2014 students.Keywords: Influence, Travel Vlog, Interest Traveling.  Abstrak. Tayangan “travel vlog” di Youtube pada saat ini sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam referensi masyarakat untuk memilih destinasi mereka dalam berlibur. Salah satu tayangan “travel vlog” di Youtube adalah Travel Vlog Arief Muhammad. Ia adalah seorang vlogger di Youtube yang salah satunya memuat konten “travel vlog” yang memiliki hingga 100 video. Tayangan “travel vlog” ini dapat memberikan informasi ataupun pengetahuan mengenai suatu tempat wisata. Dengan adanya tayangan “travel vlog” di Youtube, tentunya minat berwisata dari penontonnya semakin bertambah ketika intensitas menonton “travel vlog” semakin sering dan semakin tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas menonton tayangan “travel vlog” Arief Muhammad terhadap minat berwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fikom Unisba 2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Effect yang menjelaskan bahwa penggunaan media memiliki efek terhadap suatu individu. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensitas menonton tayangan “travel vlog” Arief Muhammad memberikan pengaruh besar terhadap minat berwisata. Khususnya pada frekuensi menonton, durasi menonton, perhatian menonton dan pemahaman isi tayangan “travel vlog” Arief Muhammad memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat berwisata di di kalangan mahasiswa Fikom Unisba 2014.Kata Kunci: Pengaruh, Travel Vlog, Minat Berwisata.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/13046/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/13046/2784
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 877-881
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 877-881
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Pengaruh, Travel Vlog, Minat Berwisata
dc.subject
dc.subject Pengaruh, Travel Vlog, Minat Berwisata.
dc.title Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Travel Vlog terhadap Minat Berwisata
dc.title Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan Travel Vlog Terhadap Minat Berwisata
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [553]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account