Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Penerapan Sosial Media Marketing sebagai Sarana Promosi Prodigo Footwear

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Saleh, Firza Muhadi
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2019-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:49Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14782
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24117
dc.description Abstract. Prodigo is a men's fashion company based retail and e-commerce utilizing social media in marketing and promoting its products. The role of social media in marketing is useful as a medium to promote the brand, and increase sales through a variety of digital marketing techniques. The purpose of this research is to know the effectiveness of the application of social media marketing as a means of promotion done Prodigo. This research uses a quantitative approach with a descriptive method. Population of 29,700 followers instagram Prodigo, a company based in the city of Bandung. Sample totalling 100 people selected respondents through Systematic Random Sampling techniques. The technique of data collection was done through questionnaires, interviews, and the study of the literature. Technique of data analysis consists of test validity and reliability tests.The results of the study show that the application of 4C social media marketing (context, communication, collaboration, and connection) done by Prodigo is quite good. Based on the results of the study, the application of the context or use of language and message content is in the good category. Application of communication or information delivery process is well done. The application of collaboration or a form of collaboration is done well. And the application of a connection or maintaining a relationship that is already established is quite good.     Keywords: Promotion, social media marketing, the theory of the cognitive response, ProdigoAbstrak. Prodigo merupakan salah satu perusahaan fashion pria berbasis retail dan e-commerce memanfaatkan media sosial dalam memasarkan dan mempromosikan produknya. Peran media sosial dalam pemasaran berguna sebagai media untuk mempromosikan merek, dan meningkatkan penjualan melalui berbagai macam teknik pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan sosial media marketing sebagai sarana promosi yang dilakukan Prodigo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi berjumlah 29.700 followers instagram Prodigo yang berdomisili di Kota Bandung. Sample berjumlah 100 orang responden yang dipilih melalui teknik Systematic Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sosial media marketing 4C(context, communication, collaboration, dan connection) yang dilakukan Prodigo cukup baik. Berdasarkan dari hasil penelitian, penerapan context atau penggunaan bahasa dan isi pesan berada dalam dalam kategori baik. Penerapan communication atau proses penyampaian informasi baik dilakukan. Penerapan collaboration atau bentuk kerjasama yang dilakukan baik. Dan penerapan connection atau dalam memelihara hubungan yang sudah terjalin cukup baik dilakukan.                    Kata Kunci : Promosi, pemasaran melalui media sosial, teori respon kognitif, Prodigo.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14782/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 137-142
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 137-142
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Promosi, pemasaran melalui media sosial, teori respon kognitif, Prodigo.
dc.title Efektivitas Penerapan Sosial Media Marketing sebagai Sarana Promosi Prodigo Footwear
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [553]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account