Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kredibilitas Sumber dalam Electronic Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian Produk

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Romanika, Lisna
dc.creator Ratnasari, Anne
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:50Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:50Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12478
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24138
dc.description Abstract. Electronic word of mouth is positive or negative statement about a product or a company made by potential customers, current customers or former customers over the internet. Electronic word of mouth now becomes an effective marketing communications media because of its low cost and website became one of the media that used in marketing products/services. In the context of information online, consumers tend to trust information with a high degree of source credibility compared to a low source credibility to influence consumer behavior. The purpose of this research was to know the relationship between communicators in electronic word of mouth with purchase decision of products by followers of website account Hellosasyachi.com. The methods used in this research is quantitative method with correlational approach. The theory that used in this research is stimulus-organism-respons theory. The sampling technique that being used is random sampling. The data collection is done by distributing questionnaries to 94 respondens. To find out how much relationship between both variables, the researchers used the analysis of correlation rank spearman formula. Based on the result, it can concluded that communicators in electronic word of mouth have strong correlation with purchased decision of products. This can be seen from the result of the coefficient 0,599 and significance level 0,05.Keywords: Communicator, electronic word of mouth, purchase desicion Abstrak. Electronic word of mouth adalah pernyataan positif atau negatif mengenai suatu produk atau perusahaan yang dibuat oleh pelanggan potensial, pelanggan, atau mantan pelanggan di internet. Electronic word of mouth sekarang menjadi media komunikasi pemasaran yang efektif karena murahnya biaya dan dan website menjadi salah satu media yang digunakan dalam pemasaran produk/jasa. Dalam konteks informasi online, konsumen cenderung mempercayai informasi yang memiliki kredibilitas sumber yang tinggi dibandingkan dengan kredibilitas sumber yang rendah untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara komunikator dalam electronic word of mouth dengan keputusan pembelian produk oleh followers website Hellosasyachi.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus-organism-respons. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 94 responden. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara dua varieabel, peneliti menggunakan analisis dengan perhitungan rank spearman. Berdasarkan hasilnya, bisa disimpulkan bahwa komunikator dalam electronic word of mouth memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian produk. Hal ini bisa dilihat dari hasil koefisien korelasi sebesar  0,599 dan nilai signifikan 0,05.Katakunci: Komunikator, electronic word of mouth, keputusan pembelian
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12478/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 624-630
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 624-630
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikator, electronic word of mouth, keputusan pembelian
dc.title Hubungan antara Kredibilitas Sumber dalam Electronic Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian Produk
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account