Universitas Islam Bandung Repository

Corporate Culture Of “BTN SIIPS” in Increasing Employee Productivity

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bandung
dc.creator Senjatiana, Ferdy
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2017-08-04
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:51Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:51Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/6645
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24158
dc.description BTN Bank made the change of corporate culture into "BTN SIIPS"replacing the previous corporate culture "BTN Pola Prima". Corporate culture of BTN SIIPS has 5 basic values of the culture that is Synergy, Integrity, Innovation, Professionalism, and Strive of Excellence where the basic value of this culture become the foundation for all bitniz BTN in running the company. Changes in corporate culture are made as a company's efforts in adjusting to face the development and competition in the banking world with the aim to improve employee productivity and strengthen corporate identity. Corporate culture is a set of assumptions that are built and shared by the organization as morally adaptable to the external environment and internal integration processes. One of the ways companies boost employee productivity is to make fundamental changes in corporate culture. Employee productivity is driven by the corporate culture which is made by creating artifacts, supported values, as well as basic assumptions and communicated by the company through organizational communication both formally and non-formally. This research analyses the corporate culture of BTN SIIPS in improving employee productivity PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Bandung Branch Office. This research is a qualitative research using case study approach with data collection technique through an interview, literature study, observation, and documentation analysis. The sampling technique of this research is using purposive sampling technique. Key Informant in this research is Leader Most Value Person (MVP) Team and 2 persons of Most Value Person (MVP) Team of BTN Bank Bandung Branch Office. The results of this study found that the corporate culture is carrying open communication supported by the artifact company where each attribute that is worn by BTN person between subordinates and superiors equated like corporate uniform and identification. Thus every BTN person can contribute well in achievement that gives added value for the company. "BTN SIIPS" appears in Bank BTN's efforts to integrate with the company's internal as well as adapt to its external environment. The application of corporate culture is carried out in routine activities, short-term and long-term program activities to provide cultural exposure that can provide an increase in employee productivity. Bank BTN Bandung branch office prevents obstacles to the implementation of corporate culture by preparing individuals in the face of change.
dc.description Bank BTN membuat perubahan budaya perusahaan menjadi budaya perusahaan “BTN SIIPS” menggantikan budaya perusahaan sebelumnya “BTN Prima”. Budaya “BTN SIIPS” memiliki 5 nilai dasar budaya yaitu Sinergi, Integritas, Inovasi, Profesionalisme, dan Spirit Mencapai Keunggulan dimana nilai dasar budaya ini menjadi landasan bagi seluruh bitniz BTN dalam menjalankan roda perusahaan. Perubahan budaya perusahaan ini dibuat sebagai upaya perusahaan dalam menyesuaikan diri menghadapi perkembangan serta persaingan di dunia perbankan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan dan memperkuat identitas perusahaan.Budaya perusahaan adalah seperangkat asumsi yang dibangun dan dianut bersama oleh organisasi sebagai moral dalam beradaptasi dengan lingkungan eksternal dan proses integrasi internal. Salah satu cara perusahaan mendongkrak produktivitas kerja karyawan adalah membuat perubahaan budaya organisasi secara fundamental. Produktivitas kerja karyawan didorong oleh budaya perusahaan yang dibuat dengan menciptakan artifak, nilai-nilai yang didukung, serta asumsi dasar serta dikomunikasikan oleh perusahaan melalui komunikasi organisasi baik secara formal maupun non-formal.Penelitian ini meneliti mengenai budaya perusahaan BTN SIIPS dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bandung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi kepustakaan, observasi, dan analisis Dokumentasi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Key Informan dalam penelitian ini adalah Leader Most Value Person (MVP) Team, dan 2 orang pengurus Most Value Person (MVP) Team Bank BTN Kantor Cabang Bandung.Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa budaya perusahaan ini mengusung komunikasi terbuka yang didukung oleh artifak perusahaan dimana setiap atribut yang dikenakan oleh insan BTN antara bawahan maupun atasan disamakan seperti seragam corporate dan tanda pengenal. Dengan demikian setiap insan BTN dapat berkontribusi dengan baik dalam pencapaian yang memberi nilai tambah bagi perusahaan. “BTN SIIPS” muncul dalam upaya Bank BTN untuk integrasi dengan internal perusahaan serta adaptasi dengan lingkungan eksternal nya. Penerapan budaya perusahaan dilakukan dalam kegiatan rutin, program kegiatan jangka pendek maupun jangka panjang untuk memberikan paparan budaya yang dapat memberikan dorongan peningkatan produktivitas kerja karyawan. Bank BTN kantor cabang Bandung mencegah hambatan implementasi budaya perusahaan dengan mempersiapkan individu dalam menghadapi perubahan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/6645/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 295-302
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 295-302
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Corporate Culture, Implementation, Communication, Productivity.
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Budaya Perusahaan; Implementasi; Komunikasi; Produktivitas
dc.title Corporate Culture Of “BTN SIIPS” in Increasing Employee Productivity
dc.title Budaya Perusahaan "BTN SIIPS" dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account