Universitas Islam Bandung Repository

PERENCANAAN KOMUNIKASI SINGLE ALBUM “TEMAN HIDUP” TULUS

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Havilliant, Naya Mochamad
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2015-02-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:52Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:52Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/870
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24167
dc.description Tulus sebagai artis indie label yang sedang hits di belantika musik Indonesia. Melalui single album “Teman Hidup” dapat mengalahkan artis-artis major label. Tulus yang sekarang menjadi trending topic di Indonesia membuat penulis tertarik untuk meneliti perencanaan komunikasi yang dibuat oleh manajer Tulus dalam meluncurkan single album “Teman Hidup”, yang dapat mengalahkan artis-artis major label. Artis indie label bergerak individual dan mempunyai idealisme dalam musiknya sehingga cukup sulit untuk membuat masyarakat Indonesia dapat mengetahui dan menyukai artis indie label, sedangkan major label mempunyai sarana promosi yang lebih baik dan menuntun artisnya lebih masuk kepada pasar musik masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui identifikasi target audience, penentuan tujuan yang diinginkan, serta perencanaan pesan oleh manajemen artis dalam meluncurkan single Album “Teman Hidup” 2014. Metode penelitian deskriptif dengan perspektif kualitatif yaitu melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual. Kesimpulan penelitian ini dilihat dari Identifikasi target melalui strategi world to mouth (mulut ke mulut), target melalui media seperti barter promo dengan radio lokal, penggunaan media internet dan majalah. Penentuan tujuan manajemen dalam meluncurkan single Album “Teman Hidup” yaitu membuat iklan bertujuan untuk membangun jaringan dengan media elektronik dan media cetak, serta membangun jaringan dengan para musisi Nasional. Perencanaan pesan oleh manajemen dalam peluncuran single Album “Teman Hidup” yaitu dengan menggunakan strategi pesan model stimulus-respons.
dc.language id
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2015)
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2015)
dc.source 2460-6537
dc.subject Ilmu Komunikasi
dc.subject Perencanaan Komunikasi
dc.title PERENCANAAN KOMUNIKASI SINGLE ALBUM “TEMAN HIDUP” TULUS
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif Deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account