Universitas Islam Bandung Repository

Correlation of Brand Equtiy Dapp with Customer Satisfaction in Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Urwani, Ahmad Qois
dc.creator Triwardhani, Ike Junita
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:59Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:59Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7588
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24188
dc.description A strong brand equity will provide value, both to customers and to the company.Correlational quantitative studies are the steps used in researching brand equity correlations with customer satisfaction. Find out how the correlation of two variables to each other. This provides clear evidence through the data used. Data collection techniques through questionnaires and data processing through the measurement of statistical data into a big conclusion. Population and sample in this research is Dapp consumer, so to measure variable satisfaction will be more accurate because move through those who have bought or use Dapp product precisely in Bandung. Data obtained through questionnaire results directly with a total of eighty respondents. In addition, the data also obtained through the documentation of asset assets of the brand.The purpose of this study is to determine whether there is a correlation between brand equity with customer satisfaction, which if translated to find out the correlation brand awareness, perceived quality, brand association, brand loyalty with customer satisfaction Dapp in Bandung. The result of research shows that there is a correlation between Dapp brand equity with customer satisfaction in Bandung. Precisely with rtotal (0.643)> rtabel (0.00) indicating H0 is rejected and H1 accepted. This makes the brand equity well categorized because with aspects in it also has a good correlation quality with the variable satisfaction so as to provide a strong correlation between brand equity with customer satisfaction.Based on the results of the research conducted, it can be concluded that there is a correlation between aspects of brand awareness with customer satisfaction Dapp in Bandung, with the results of a strong correlation based on aspects of top of mind, brand recall. Then perceived quality aspects also have a strong correlation based on aspects of trust, product dynamics, and customer attitude. The third is the aspect of brand association with strong correlation also based on the aspect in which is, brand image, product price, brand value, product advantage, and packaging of brand or product. Fourth is the aspect of brand loyalty with strong correlation also based on the aspect in which is the frequency of habitual buyer, satisfaction level of buyer, likeness of liking the brand, and loyalty level of committed buyer. Dapp brand liability is an important factor. Where customer satisfaction is created through brand liability.
dc.description Brand equity adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Nilai ini dapat dicerminkan dalam cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak terhadap merek, harga, dan profitabilitas yang dimiliki perusahaan. Ini menggambarkan peran merek yang tidak hanya sebagai representasi dari produk yang dimiliki, tetapi juga harus dapat berfungsi untuk menciptakan nilai bagi pelanggan. Studi kuantitatif korelasional menjadi langkah yang digunakan dalam meneliti hubungan brand equity dengan kepuasan pelanggan. Mencari tahu bagaimana hubungan kedua variabel satu sama lainnya. Hal ini memberikan bukti jelas melalui data yang digunakan. Teknik pengumpulan data melalui angket dan pengolahan data melalui pengukuran data statistik menjadi sebuah kesimpulan besar.  Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan konsumen Dapp, sehingga untuk mengukur variabel kepuasan akan lebih akurat karena bergerak melalui mereka yang telah membeli atau menggunakan produk Dapp tepatnya di Bandung. Data yang didapatkan melalui hasil pesebaran angket secara langsung dengan total delapan puluh responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara brand equity dengan kepuasan pelanggan, yang apabila dijabarkan untuk mencari tahu hubungan brand awareness, perceived quality, brand association, brand loyalty dengan kepuasan pelanggan Dapp di Bandung. Setiap elemen, peneliti membatasi cakupan instrumen di dalamnya untuk keperluan validasi data yang lebih akurat dan masih dalam batasan penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada hubungan antara brand equity Dapp dengan kepuasan pelanggan di Bandung. Tepatnya dengan rhitung (0.643) > rtabel (0.00) yang mengindikasikan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuat brand equity dikategorikan baik karena dengan aspek di dalamnya pun memiliki kualitas hubungan yang baik dengan variabel kepuasan sehingga memberi hubungan yang kuat antara brand equity dengan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara aspek brand awareness dengan kepuasan pelanggan Dapp di Bandung, dengan hasil hubungannya yang cukup kuat berdasarkan aspek top of mind, brand recall. Lalu aspek perceived quality pun memiliki hubungan yang kuat berdasarkan aspek kepercayaan, dinamika produk, serta sikap pelanggan. Yang ketiga adalah aspek brand association dengan hubungan yang kuat pula berdasarkan aspek di dalamnya yaitu, citra merek, harga produk, nilai merek, keuntungan produk, dan kemasan merek atau produk. Keempat adalah aspek brand loyalty dengan hubungan yang kuat pula berdasarkan aspek di dalamnya yaitu frekuensi dari habitual buyer, tingkat kepuasan dari satisfied buyer, tingkat kesukaan dari liking the brand, dan tingkat loyalitas dari committed buyer.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7588/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 627-633
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 627-633
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Brand equity, Customer Satisfaction
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Brand Equity, Kepuasan Pelanggan
dc.title Correlation of Brand Equtiy Dapp with Customer Satisfaction in Bandung
dc.title Hubungan Brand Equity Dapp Dengan Kepuasan Pelanggan Di Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [553]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account