dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Urwani, Ahmad Qois |
|
dc.creator |
Triwardhani, Ike Junita |
|
dc.date |
2017-08-10 |
|
dc.date.accessioned |
2019-09-12T05:42:59Z |
|
dc.date.available |
2019-09-12T05:42:59Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7588 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/24188 |
|
dc.description |
A strong brand equity will provide value, both to customers and to the company.Correlational quantitative studies are the steps used in researching brand equity correlations with customer satisfaction. Find out how the correlation of two variables to each other. This provides clear evidence through the data used. Data collection techniques through questionnaires and data processing through the measurement of statistical data into a big conclusion. Population and sample in this research is Dapp consumer, so to measure variable satisfaction will be more accurate because move through those who have bought or use Dapp product precisely in Bandung. Data obtained through questionnaire results directly with a total of eighty respondents. In addition, the data also obtained through the documentation of asset assets of the brand.The purpose of this study is to determine whether there is a correlation between brand equity with customer satisfaction, which if translated to find out the correlation brand awareness, perceived quality, brand association, brand loyalty with customer satisfaction Dapp in Bandung. The result of research shows that there is a correlation between Dapp brand equity with customer satisfaction in Bandung. Precisely with rtotal (0.643)> rtabel (0.00) indicating H0 is rejected and H1 accepted. This makes the brand equity well categorized because with aspects in it also has a good correlation quality with the variable satisfaction so as to provide a strong correlation between brand equity with customer satisfaction.Based on the results of the research conducted, it can be concluded that there is a correlation between aspects of brand awareness with customer satisfaction Dapp in Bandung, with the results of a strong correlation based on aspects of top of mind, brand recall. Then perceived quality aspects also have a strong correlation based on aspects of trust, product dynamics, and customer attitude. The third is the aspect of brand association with strong correlation also based on the aspect in which is, brand image, product price, brand value, product advantage, and packaging of brand or product. Fourth is the aspect of brand loyalty with strong correlation also based on the aspect in which is the frequency of habitual buyer, satisfaction level of buyer, likeness of liking the brand, and loyalty level of committed buyer. Dapp brand liability is an important factor. Where customer satisfaction is created through brand liability. |
|
dc.description |
Brand equity adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Nilai ini dapat dicerminkan dalam cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak terhadap merek, harga, dan profitabilitas yang dimiliki perusahaan. Ini menggambarkan peran merek yang tidak hanya sebagai representasi dari produk yang dimiliki, tetapi juga harus dapat berfungsi untuk menciptakan nilai bagi pelanggan. Studi kuantitatif korelasional menjadi langkah yang digunakan dalam meneliti hubungan brand equity dengan kepuasan pelanggan. Mencari tahu bagaimana hubungan kedua variabel satu sama lainnya. Hal ini memberikan bukti jelas melalui data yang digunakan. Teknik pengumpulan data melalui angket dan pengolahan data melalui pengukuran data statistik menjadi sebuah kesimpulan besar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan konsumen Dapp, sehingga untuk mengukur variabel kepuasan akan lebih akurat karena bergerak melalui mereka yang telah membeli atau menggunakan produk Dapp tepatnya di Bandung. Data yang didapatkan melalui hasil pesebaran angket secara langsung dengan total delapan puluh responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara brand equity dengan kepuasan pelanggan, yang apabila dijabarkan untuk mencari tahu hubungan brand awareness, perceived quality, brand association, brand loyalty dengan kepuasan pelanggan Dapp di Bandung. Setiap elemen, peneliti membatasi cakupan instrumen di dalamnya untuk keperluan validasi data yang lebih akurat dan masih dalam batasan penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada hubungan antara brand equity Dapp dengan kepuasan pelanggan di Bandung. Tepatnya dengan rhitung (0.643) > rtabel (0.00) yang mengindikasikan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuat brand equity dikategorikan baik karena dengan aspek di dalamnya pun memiliki kualitas hubungan yang baik dengan variabel kepuasan sehingga memberi hubungan yang kuat antara brand equity dengan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara aspek brand awareness dengan kepuasan pelanggan Dapp di Bandung, dengan hasil hubungannya yang cukup kuat berdasarkan aspek top of mind, brand recall. Lalu aspek perceived quality pun memiliki hubungan yang kuat berdasarkan aspek kepercayaan, dinamika produk, serta sikap pelanggan. Yang ketiga adalah aspek brand association dengan hubungan yang kuat pula berdasarkan aspek di dalamnya yaitu, citra merek, harga produk, nilai merek, keuntungan produk, dan kemasan merek atau produk. Keempat adalah aspek brand loyalty dengan hubungan yang kuat pula berdasarkan aspek di dalamnya yaitu frekuensi dari habitual buyer, tingkat kepuasan dari satisfied buyer, tingkat kesukaan dari liking the brand, dan tingkat loyalitas dari committed buyer. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.publisher |
Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7588/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 627-633 |
|
dc.source |
Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 627-633 |
|
dc.source |
2460-6537 |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi |
|
dc.subject |
Brand equity, Customer Satisfaction |
|
dc.subject |
Manajemen Komunikasi |
|
dc.subject |
Brand Equity, Kepuasan Pelanggan |
|
dc.title |
Correlation of Brand Equtiy Dapp with Customer Satisfaction in Bandung |
|
dc.title |
Hubungan Brand Equity Dapp Dengan Kepuasan Pelanggan Di Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Kualitatif |
|
dc.type |
Kualitatif |
|