Universitas Islam Bandung Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK CIMAHI

Show simple item record

dc.contributor Dekranasds Kota Cimahi
dc.creator Puspitasari, Amanda
dc.date 2015-06-01
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:42:59Z
dc.date.available 2019-09-12T05:42:59Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/582
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24200
dc.description Abstrak. Strategi komunikasi pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam usaha menarik pembeli atau konsumen. Komunikasi pemasaran harus dilakukan secara terus menerus dan berkembang untuk proses kelangsungan suatu usaha. Dekranasda pasti memiliki strategi komunikasi pemasaran agar sosialisasi dan pemasaran batik cimahi memenuhi target yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. subjek penelitian adalah Dekranasda Kota Cimahi dengan empat orang informan. Berdasarkan hasil penelitian, Dekranasda Kota Cimahi menggerakan pengrajin dengan cara membentuk gallery dan pusat pelatihan batik Cimahi, mengikutsertakan pengrajin dalam kegiatan pameran, mengirim pengrajin untuk mengikuti pemagangan serta mengadakan pertemuan rutin. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Dekranasda Kota Cimahi meliputi Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat. Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi, dukungan dari pengrajin dan dukungan dari masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu biaya produksi yang cukup besar, kurangnya tenaga kerja serta minimnya inisiatif pengrajin untuk membangun gallery ataupun pusat pelatihan batik.   Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Batik Cimahi
dc.language id
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2015)
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2015)
dc.source 2460-6537
dc.subject
dc.subject Strategi, Komunikasi Pemasaran, Batik Cimahi
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK CIMAHI
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Deskriptif Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account