Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Karakteristik Inovasi Aplikasi Mpospay terhadap Keputusan Adopsi

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Sudrajat, Ahmad
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:00Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:00Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12651
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24204
dc.description Abstract. The purpose of this research was to determine how much influence the innovation characteristics of MPOSPAY's online postal application on the postal service application user adoption decisions in Sukasari District, Bandung City. The characteristics of innovation are derived into five variables: relative advantage, compatibility, triability, and observability. The method used in this study is an explanative method using multiple linear formulas. Data collection techniques in the form of questionnaires distributed to respondents, namely postal service application users in Sukasari District, Bandung City. Respondents were determined through simple random sampling technique (SRS) with respondents totaling 144 respondents. The results of this study indicate that overall there is an influence of the characteristics of innovation on adoption decisions. There is an influence on the relative profit variable, complexity, and triability. Compatibility and observability variables have not been able to influence adoption decisions. The suggestion in this study is PT. POS INDONESIA (Persero) must maximize the relative advantage of the MPOSPAY application because the key to an innovation in the development of communication technology is the completeness of the features in the existing application content, the completeness of the information obtained by adoption, saving time and money, and facilitating postal service activities. maintaining a low level of complexity in order not to experience discontinuity, can maximize other factors such as communication channels, the need for advanced application development must maximize this in making an adoption decision on adoption decisions on MPOSPAY online postal application innovations.Keywords: Diffusion, Innovation, Characteristic Of Innovation, Adoption Decision Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik inovasi aplikasi pos online MPOSPAY terhadap keputusan adopsi pengguna aplikasi jasa pos di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Karakteristik inovasi diturunkan menjadi lima variabel yaitu keuntungan relative, kompatibilitas, triabilitas, dan observabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif dengan menggunakan rumus linier berganda. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang di sebarkan kepada responden, yaitu pengguna aplikasi jasa pos di Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Responden ditentukan melalui teknik simple random sampling (srs) dengan responden berjumlah 144 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh karakteristik inovasi terhaap keputusan adopsi. Terdapat pengaruh pada variabel keuntungan relatife, kompleksitas, dan triabilitas. Pada variabel kompatibilitas dan observabilitas belum dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan adopsi. Saran dalam penelitian ini adalah PT. POS INDONESIA (persero) harus memaksimalkan unsur keuntungan relatife aplikasi MPOSPAY karena kunci dari suatu inovasi perkembangan teknologi komunikasi yaitu kelengkapan fitur pada konten aplikasi yang ada, kelengkapan informasi yang di peroleh adopsi, lebih hemat waktu dan biaya, dan mempermudah melakukan kegiatan jasa pos. mempertahankan rendahnya tingkat kompleksitas agar tidak mengalami diskontinuansi, dapat memksimalkan faktor lain seperti saluran komunikasi, kebutuhan perkebmangan aplikasi yang semakin maju harus memaksimalkan hal tersebut dalam melakukan suatu keputusan adopsi terhadap keputusan adopsi terhadap inovasi aplikasi pos online MPOSPAY.Kata Kunci: Difusi, Inovasi, Karakteristik inovasi, Keputusan Adopsi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/12651/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 740-744
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 740-744
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Difusi, Inovasi, Karakteristik inovasi, Keputusan Adopsi
dc.title Pengaruh Karakteristik Inovasi Aplikasi Mpospay terhadap Keputusan Adopsi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account