Universitas Islam Bandung Repository

Self Disclosure Remaja di Kota Bandung dalam Penggunaan Media Sosial Snapchat

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
dc.creator Anwar, Saiful
dc.creator Zulfebriges, Zulfebriges
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:00Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:00Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4445
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24212
dc.description Abstrak. Social media today are widely used by people. The social media at this time may be considered as a lifestyle for teenagers, where their existence can be supported by them. One of social media that recently becomes a phenomenon is Snapchat. Snapchat is a unique mobile phone messaging application that every user can send photos and videos to each other that, then, they will be automatically removed after a few seconds. As a result, this application has a close correlation with the openness of an individual in using social media Snapchat. Snapchat is one of the social media that can affect its users’ self-openness because of the moments like the posted photos or videos seen by many people. The method used in this research is qualitative research method using the phenomenological approach. This is because this research is taken based on the essence of the experience on each individual through interviews to eight teenagers in Bandung City selected through a purposive sampling technique (In accordance with the criteria) as well as one important supporting informant, a psychologist of adolescent development. The results shows a general self disclosure of teenagers in Bandung City on social media Snapchat as this application is nowadays being a trend and loved by people living around the city in a reason to improve self-existence because it is then seen as a new social media that is unique and different from other social media. Moments in their postings are selected moments that can support their wanted image. This is because every individual has his/her individual opinion about what image that he/she wants to form that can represent his/her image. The users’ image created through Snapchat suits to their real image yet, they only post their good-looking moments to keep their wanted image established. Abstrak. Social media dewasa ini sangat marak di gunakan oleh masyarakat, media sosial pada saat ini bisa dikatakan menjadi lifestyle bagi para remaja, dimana eksistensi mereka dapat ditunjang dengan adanya sosial media. Salah satu media sosial yang dewasa ini menjadi fenomenal adalah media sosial Snapchat. Snapchat adalah aplikasi pesan mobile smartphone yang unik dimana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik. Maka dengan begitu erat kaitannya dengan keterbukaan diri seseorang dalam menggunakan media sosial Snapchat. Snapchat adalah salah satu media sosial yang dapat mempengaruhi keterbukaan diri mereka karena moment yang di posting dengan menggunakan foto ataupun video yang dapat dilihat oleh banyak orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hal ini di karenakan penelitian ini di ambil berdasarkan esensi dari pengalaman – pengalaman pada setiap individu melalui hasil wawancara kepada 8 remaja di kota Bandung  yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling (Sesuai dengan kriteria) serta 1 informan penting untuk mendukungnya yaitu ahli psikologi perkembangan remaja. Hasil penelitian menunjukan self disclosure remaja di kota Bandung pada media sosial snapchat secara umum karena aplikasi ini memang sedang hits dan di gandrungi oleh orang – orang yang ada pada lingkungannya sehingga dapat meningkatkan eksistensi diri kemudian media sosial baru yang unik yang berbeda dengan media sosial lainnya. Moment – moment yang di posting merupakan moment yang dapat menunjang citra yang ingin di bentuk oleh mereka masing – masing. Mereka pun mempunyai pandangan masing – masing yang ingin di bentuknya dimana hal tersebut semata – mata untuk menunjukan citra diri mereka. Kesesuaian mereka pada media sosial snapchat sesuai namun masih menjaga image mereka dan berusaha menampilkan penampilan yang good looking.
dc.description Social media dewasa ini sangat marak di gunakan oleh masyarakat, media sosial pada saat ini bisa dikatakan menjadi lifestyle bagi para remaja, dimana eksistensi mereka dapat ditunjang dengan adanya sosial media. Salah satu media sosial yang dewasa ini menjadi fenomenal adalah media sosial Snapchat. Snapchat adalah aplikasi pesan mobile smartphone yang unik dimana pengguna dapat saling berkirim video dan foto yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik. Maka dengan begitu erat kaitannya dengan keterbukaan diri seseorang dalam menggunakan media sosial Snapchat. Snapchat adalah salah satu media sosial yang dapat mempengaruhi keterbukaan diri mereka karena moment yang di posting dengan menggunakan foto ataupun video yang dapat dilihat oleh banyak orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Hal ini di karenakan penelitian ini di ambil berdasarkan esensi dari pengalaman – pengalaman pada setiap individu melalui hasil wawancara kepada 8 remaja di kota Bandung  yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling (Sesuai dengan kriteria) serta 1 informan penting untuk mendukungnya yaitu ahli psikologi perkembangan remaja. Hasil penelitian menunjukan self disclosure remaja di kota Bandung pada media sosial snapchat secara umum karena aplikasi ini memang sedang hits dan di gandrungi oleh orang – orang yang ada pada lingkungannya sehingga dapat meningkatkan eksistensi diri kemudian media sosial baru yang unik yang berbeda dengan media sosial lainnya. Moment – moment yang di posting merupakan moment yang dapat menunjang citra yang ingin di bentuk oleh mereka masing – masing. Mereka pun mempunyai pandangan masing – masing yang ingin di bentuknya dimana hal tersebut semata – mata untuk menunjukan citra diri mereka. Kesesuaian mereka pada media sosial snapchat sesuai namun masih menjaga image mereka dan berusaha menampilkan penampilan yang good looking.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4445/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 384 - 390
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 384 - 390
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject Self Disclosure, Snapchat, Moment, Posting, Snap, Hits
dc.subject Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Manajemen Komunikasi
dc.subject Self Disclosure, Snapchat, Moment, Posting, Snap, Hits
dc.title Self Disclosure Remaja di Kota Bandung dalam Penggunaan Media Sosial Snapchat
dc.title Self Disclosure Remaja di Kota Bandung dalam Penggunaan Media Sosial Snapchat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account