Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Promosi Produk Lokal oleh Pemerintah Kota

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Zaelani, Danial Muhammad
dc.creator Rochim, M
dc.date 2019-01-25
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:01Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14888
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24228
dc.description Abstract. Local products are products that are produced and developed in a particular area so that they are characteristic of the local area.  how a product can be known and accepted by many people with a promotional strategy. This promotion is expected to develop local products in the eyes of the wider community, in this case the role of government is needed to help carry out promotional strategies for local products. The government has an important role for local products, because the existence of a mutually beneficial relationship between local products and the government.  The research data was collected through direct interview technique with staff of the Industrial Trade and Kopreasi Office of Sukabumi City .and observation techniques and supported by documentation and literature data relevant to researchers' problems. Furthermore, this study was analyzed using qualitative methods with Descriptive approach, namely analysis that produces data in the form of written and verbal words from people and observable behavior according to actual events. Based on the results of this study, it can be concluded that the Industrial Trade and Kopreasi Office of Sukabumi City Requests some form of promotion namely Sales Promotion, Advertising, Publicity, Direct Marketing, Word of Mouth and Event Marketing.Keywords: : Products, promotions, governmentAbstrak. Produk lokal adalah suatu produk yang di produksi dan dikembangkan di suatu daerah tertentu sehingga menjadi ciri khas dari daerah lokal tersebut. bagaimana suatu produk bisa dikenal dan diterima banyak orang dengan strategi promosi. Promosi ini diharapkan dapat mengembangkan produk lokal di mata masyarakat luas, dalam hal ini dibutuhkan adanya peran pemerintah dalam membantu melakukan strategi promosi bagi produk lokal. Pemerintah mempunyai peran penting bagi produk lokal, karena adanya hubungan yang saling menguntungkan antara produk lokal dengan pemerintah. Data penelitian dihimpun melalui teknik wawancara secara langsung dengan Staf Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi Kota Sukabumi dan teknik observasi serta didukung oleh data dokumentasi dan literatur yang relevan dengan permasalahan peneliti. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu analisis yang menghasilkan data yang berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati sesuai dengan peristiwa sebenarnya.  Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi Kota Sukabumi memenuhi beberapa bentuk promosi yaitu Sales Promotion, Advertising, Publicity, Direct Marketing, Word of Mouth dan Event Marketing.Kata Kunci: Produk, Promosi, Pemerintah
dc.format application/pdf
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14888/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/14888/pdf_1
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 143-149
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2019); 143-149
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Produk, Promosi, Pemerintah
dc.title Strategi Promosi Produk Lokal oleh Pemerintah Kota
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account