Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Instagram Stories dengan Eksistensi Diri

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Hardimulya, Harlina Rakhim
dc.creator Rinawati, Rini
dc.date 2018-08-07
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:01Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11723
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24230
dc.description Abstract The use of social networking sites is very popular in recent years. The site is not only used to relate to each other but also for other activities one of them in self-existence. Currently the use of social media that is much loved by teenagers is Instagram , with Instagram Stories feature. Indonesia is now the largest user of Instagram Stories in Asia. Many people take advantage of the feature to express themselves either through selfie photos or pour out their hearts and want to gain recognition or attention from others, especially among teenagers who are generally teenagers still looking for identity. The theory that used in this research is Uses and Gratification theory. The method used by this research is quantitative method with correlational approach and using correlational rank spearman formula to test whether there is relation between usage instagram stories with self existence. Sampling was done to 75 students of SMAN 10 Bandung students.The overall results of this study that there is a significant relationship between the use of Instagram Stories and Self-Existence in Students SMAN 10 who joined the group Line force of 2018 with a total correlation coefficient of 0.691.Keywords : Mass Communication, Instagram Stories, Self Existence Abstrak Penggunaan situs jejaring sosial sangat marak dalam beberapa tahun belakangan ini.Situs tersebut tidak hanya digunakan untuk berhubungan satu sama lain melainkan juga untukkegiatan-kegiatan lain salah satunya dalam bereksistensi diri. Saat ini penggunaan media sosial yang sedang banyak digemari oleh para remaja yaitu Instagram dengan fitur Instagram Stories. Indonesia kini menjadi pengguna Instagram Stories terbanyak se Asia. Banyak orang memanfaatkan fitur tersebut untuk mengekspresikan diri baik melalui foto selfie maupun mencurahkan isi hati dan ingin mendapatkan pengakuan atau pun perhatian dari orang lain, apalagi dikalangan remaja yang umunya para remaja masih mencari jati diri.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan menggunakan rumus korelasional rank spearman untuk menguji apakah ada hubungan antara penggunaan instagram stories dengan eksistensi diri. Pengambilan sample dilakukan kepada 75 orang responden siswa kelas  SMAN 10 Bandung.  Hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara penggunaan Instagram Stories dengan Eksistensi Diri pada Siswa SMAN 10 yang tergabung pada group Line angkatan 2018 dengan nilai total koefisien korelasi sebesar 0,691.  Kata Kunci : Komunikasi massa, Instagram Stories, Eksistensi Diri
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/11723/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 474-478
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 4, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2018); 474-478
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Komunikasi massa, Instagram Stories, Eksistensi Diri
dc.title Hubungan antara Instagram Stories dengan Eksistensi Diri
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account