Universitas Islam Bandung Repository

MOTIF PENGGUNAAN AKUN @KMMKunisba PADA SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator hidayat, arqy ari
dc.creator Karsa, Satya Indra
dc.date 2015-08-13
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:02Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:02Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/965
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24247
dc.description Mahasiswa sebagai salah satu aspek terpenting dalam sebuah institusi/lembaga pendidikan, memiliki banyak kebutuhan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Kebutuhan tersebut tidak akan efektif jika dilakukan dengan cara manual. Sebagai salah satu jurusan favorit di UNISBA, Manajemen Komunikasi Fikom UNISBA membuat sebuah media informasi yang cepat dan mudah di akses melalui twitteryaitu akun @KMMKunisba.Akun tersebut dibuat sebagai sarana informasi bagi mahasiswa Manajemen Komunikasi Fikom UNISBA.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan pada mahasiswa dalam penggunaan akun @KMMKunisba pada situs jejaring sosial twitter.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan MANKOM Fikom UNISBA yang tergabung menjadi followers akun twitter @KMMKunisba. Dengan menggunakan teknik simple random sampling.Dengan jumlah sampel 91 responden dan menggunakan teori uses and gratification.Hasil penelitian ini adalah bahwa motif mahasiswa mengakses akun twitter @KMMKunisba adalah untuk pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial, dan pelepasan ketegangan cukup tinggi.Peneliti menyarankan agar kedepannya akun twitter @KMMKunisba ini bisa menampilkan informasi-informasi lebih banyak lagi dan menambah variasi informasi yang disampaikan guna meningkatkan motif pemenuhan kebutuhan informasi akademik mahasiswa.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/965/pdf
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 10-17
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 10-17
dc.source 2460-6537
dc.subject FIKOM UNISBA mankom
dc.subject Komunikasi Masa, Twitter, @KMMKunisba, Motif
dc.title MOTIF PENGGUNAAN AKUN @KMMKunisba PADA SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DI KALANGAN MAHASISWA
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account