Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Penggunaan Meme oleh Netflix Indonesia di Twitter dengan Minat Mahasiswa untuk Berlangganan

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Satiasari, Affiatu
dc.creator Rochim, Moch.
dc.date 2019-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/18838
dc.description Abstract. Digital Marketing in Indonesia is now increasingly rapid use, one of which is on social media. Reporting from the survey conducted by We Are Social, social media users in Indonesia alone are currently around 150 million active users. So from various forms of digital marketing used, some are like social media marketing, and content marketing. In social media marketing it has shifted from being convective to selling, to making connections with potential customers. Therefore, marketers need interesting content and can also create a space of interaction with prospective customers. Netflix Indonesia outsmarted this by using meme on their social media as a link between Netflix and their prospective customers. Netflix uploaded a lot of meme, one of them on their official account on Twitter, namely @NetflixID with a variety of contents, such as movies, prices, and others, also using media such as writing, photos and videos. It is from meme content like this that can increase buying interest, especially on Netflix target costumers, one of whom is a college student. In this study trying to explain the relationship between the use of memes by Netflix Indonesia on Twitter with student interest in subscribing to Netflix. More clearly how content marketing consisting of reader cognition, sharing motivation, and persuasion relates to college students' interest in subscribing to Netflix. The theory used to support the content marketing variable (X) is the theory of digital marketing, while the variable (Y) interest in buying uses the AISAS model. This study uses a correlational approach used in this study to test whether there is a relationship between the two variables. The results of this study indicate that (1) Reader Cognition in meme used has a significant relationship with consumer buying interest, (2) Sharing Motivation in meme used has a high relationship with consumer buying interest, (3) Persuasion in meme used also have a significant relationship with consumer buying interest.Keywords: Digital Marketing, Content Marketing, Netflix Indonesia, Twitter, Buying InterestAbstrak.Digital Marketing atau pemasaran digital di Indonesia kini penggunaannya semakin pesat, salah satunya di media sosial. Dilansir dari survey yang dilakukan oleh We Are Social, pengguna media sosial di Indonesia sendiri saat ini sekitar 150juta pengguna aktif. Maka dari berbagai bentuk dari digital marketing digunakan, beberapanya adalah seperti social media marketing, atau pemasaran di media sosial, dan content marketing atau pemasaran konten. Dalam pemasaran di media sosial telah berganti dari sifat tradisional yaitu untuk menjual, menjadi untuk membuat koneksi dengan calon konsumen. Maka dari itu, pemasar memerlukan konten yang menarik dan juga bisa membuat sebuah ruang interaksi dengan calon konsumennya. Netflix Indonesia mengakali hal ini dengan menggunakan meme di media sosial mereka sebagai penyambung antara Netflix dengan calon konsumen mereka. Netflix mengunggah banyak meme salah satunya di akun resmi mereka di Twitter dengan keberagaman isi, seperti film, harga, dan lainnya, juga menggunakan media seperti tulisan,foto, dan video. Dari konten meme seperti inilah yang bisa meningkatkan rasa minat beli terutama pada target sasaran Netflix, yang salah satunya adalah mahasiswa. Dalam penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan antara penggunaan meme oleh Netflix Indonesia di Twitter dengan minat mahasiswa untuk berlangganan Netflix. Lebih jelasnya bagaimana content marketing yang terdiri dari reader cognition, sharing motivation, dan persuasion berhubungan dengan minat mahasiswa untuk berlangganan Netflix. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) content marketing yaitu teori digital marketing, sedangkan variabel (Y) minat beli menggunakan model AISAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara dua variabel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Reader Cognition dalam meme yang digunakan memiliki hubungan cukup berarti dengan minat beli konsumen, (2) Sharing Motivation dalam meme yang digunakan memiliki hubungan yang tinggi dengan minat beli konsumen, (3) Persuasion dalam meme yang digunakan juga memiliki hubungan cukup berarti dengan minat beli konsumen.Kata Kunci: Digital Marketing, Content Marketing, Netflix Indonesia, Twitter, Minat Beli
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/18838/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 822-829
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 5, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2019); 822-829
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Digital Marketing, Content Marketing, Netflix Indonesia, Twitter, Minat Beli
dc.title Hubungan Penggunaan Meme oleh Netflix Indonesia di Twitter dengan Minat Mahasiswa untuk Berlangganan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account