Universitas Islam Bandung Repository

Promotion of Kopi ABC’s Brand Trough Bintang Bola Kopi ABC 2016 Activities In Building a Brand Image

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Fitrikorama, Faizal
dc.creator Sofyan, Aning
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:06Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:06Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7236
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24286
dc.description By making West Java as a huge potential market in products sale of Kopi ABC therefore brand’s Kopi ABC did not hesitate to become official partner of the big clubs in Indonesia, which also is the pride of the residents of West Java, namely Persib Bandung. Persib known as a club that has particularly fanbase is very broad and many are commonly known by the name of bobotoh, and also Persib own management with a clear vision and mission as well as professional. By holding Persib as a brand ambassador, then brand’s Kopi ABC did a lot of promotional activities that relate directly to Persib in the form of “Bintang Bola Kopi ABC2016”event which might be expected to build a brand image among bobotoh in particular, and society in general.The purpose of this research is to know the sponsorship activity done by  brand’s Kopi ABC with Persib, planning and designing from “Bintang Bola Kopi ABC 2016” activity, and also response from bobotoh to brand’s Kopi ABC after “Bintang Bola Kopi ABC 2016” activity.In this research using qualitative method with descriptive study approach. In collecting the research data, the researcher interviewed to the parties from Kopi ABC, namely AnggaraHeryudasa as Area Promotion - Marketing Field, ArbimoSholehudin who served as Account Manager Marketing from PT.PBB (Persib Bandung Bermartabat), and also representatives from some of bobotoh. In addition, the data obtained through observation, literature study to obtain information about the activities that have been done and help the credibility of research results, as well as documentation in the form of photos.The results of the research that has been done can be concluded that one of the sponsorship activities conducted by brand’s Kopi ABC with Persib can build a brand image among bobotoh and the people of West Java is “Bintang Bola Kopi ABC 2016”. The activity is very thoughtful and designed as possible so different from the year previous. The image of brand’s Kopi ABC among bobotoh is to bebobotoh’scoffee number one in the world!
dc.description Dengan menjadikan Jawa Barat sebagai pangsa pasar yang potensial dalam penjualan produk Kopi ABC maka dari itu brand Kopi ABC tidak sungkan untuk menjadi mitra resmi dari klub besar di Indonesia yang juga merupakan kebanggan dari warga Jawa Barat yaitu Persib Bandung. Persib dikenal sebagai klub yang memiliki fanbase yang sangat luas dan banyak yang biasa dikenal dengan nama bobotoh, dan Persib juga memiliki manajemen dengan visi misi yang jelas dan juga professional. Dengan menggandeng Persib sebagai brand ambassador, maka brand Kopi ABC banyak melakukan kegiatan promosi yang berhubungan langsung dengan Persib yang berupa kegiatan Bintang Bola Kopi ABC 2016 yang nantinya diharapkan dapat membangun brand image dikalangan bobotoh khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh brand Kopi ABC dengan Persib, perencanaan dan perancangan dari kegiatan Bintang Bola Kopi ABC 2016, dan juga tanggapan dari bobotoh terhadap brand Kopi ABC setelah adanya kegiatan Bintang Bola Kopi ABC 2016. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Dalam mengumpulkan  data  penelitian,  peneliti melakukan wawancara kepada pihak dari Kopi ABC yaitu Anggara Heryudasa selaku Area Promotion – Marketing Field, Arbimo Sholehudin yang menjabat sebagai Account Manager Marketing dari PT.PBB (Persib Bandung Bermartabat), dan juga perwakilan dari beberapa bobotoh. Selain itu data didapatkan melalui observasi, studi kepustakaan untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan serta membantu kredibilitas hasil penelitian, serta dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa salah satu kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh brand Kopi ABC dengan Persib dapat membangun brand image dikalangan bobotoh dan masyarakat Jawa Barat adalah Bintang Bola Kopi ABC 2016. Kegiatan tersebut sangat dipikirkan dan dirancang sematang mungkin sehinggaberbedadengan tahun sebelumnya, image dari brand Kopi ABC dikalangan bobotoh adalah menjadi kopi nomerhiji di bobotoh saalamdunya!
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7236/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/7236/1254
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 474-479
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2017); 474-479
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kopi ABC, Brand Image, Sponsorship, Persib, Bintang Bola Kopi ABC 2016.
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kopi ABC, Brand Image, Sponsorship, Persib, Bintang Bola Kopi ABC 2016
dc.title Promotion of Kopi ABC’s Brand Trough Bintang Bola Kopi ABC 2016 Activities In Building a Brand Image
dc.title Promosi Brand Kopi ABC Melalui Kegiatan Bintang Bola Kopi ABC 2016 dalam Membangun Brand Image
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account