Universitas Islam Bandung Repository

POSITIONING OZ RADIO BANDUNG MELALUI IDENTITAS RADIO

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator fitrianawati, nareta
dc.creator Rochim, Mochammad
dc.date 2015-08-13
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:07Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/1834
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24294
dc.description Perkembangan radio di kota Bandung saat ini terlihat semakin pesat khususnya untuk radio-radio swasta yang berkembang dengan baik, dengan semakin pesatnya perkembangan radio tentu memunculkan persaingan yang ketat untuk menarik hati para pendengar. Untuk menghadapi persaingan tersebut, sebuah stasiun radio harus memiliki startegi yang tepat agar stasiun radio melalui program siarannya dikenal dan mendapatkan posisi tersendiri di benak para pendengar. Oz Radio Bandung 103.1 FM sebagai salah satu pioneer radio anak muda di kota Bandung, harus memiliki suatu perencanaan strategi yang tepat untuk dapat membuat Oz Radio menguasai benak pendengarnya serta memiliki keunggulan yang membuat perbedaan dengan stasiun radio sejenis lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi positioning yang selama ini dilakukan oleh Oz Radio Bandung 103.1 FM, sehingga dapat membentuk pendengar yang loyal terhadap radio. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur identitas yang terdapat didalam sebuah stasiun radio, yakni pemilihan tagline, lagu dan gaya bertutur penyiar dalam program siaran Terbang Pagi Oz Radio Bandung 103.1 FM. Hasil penelitian menunjukan Oz Radio Bandung 103.1 FM telah mampu bersaing dengan stasiun radio sejenis lainnnya dan memperlihatkan eksistensinya dalam menarik perhatian pendengar di kota Bandung. Strategi positioning yang dilakukan oleh Oz Radio 103.1 FM itu terlihat pada tagline yang digunakan yaitu “young n hits”, lagu-lagu yang diputarkan serta melalui program siaran Terbang Pagi yang kental dengan nuansa anak muda yang penuh dengan keceriaan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/1834/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/downloadSuppFile/1834/242
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 49-54
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 1, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2015); 49-54
dc.source 2460-6537
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Positioning Oz Radio Bandung, tagline, pemilihan lagu dan gaya bertutur penyiar.
dc.title POSITIONING OZ RADIO BANDUNG MELALUI IDENTITAS RADIO
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Penelitian Kualitatif, Pendekatan Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account